Tingkatkan Produktifitas Tim Anda
Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD
Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116
Sebagai manajer, Anda mungkin telah belajar bagaimana merencanakan, memprioritaskan, dan memperlancar pekerjaan Anda. Tapi bagaimana Anda bisa membantu anggota tim Anda melakukan hal yang sama? Mulailah dengan memberi contoh yang baik. Cerdas tentang bagaimana Anda mengalokasikan jam kerja Anda sendiri – pertemuan yang Anda hadiri, email yang Anda tanggapi, dan proyek yang Anda masuki – jadi tim Anda dapat mengikuti keputusan Anda. Bantu menetapkan batasan bagi tim Anda dengan menguraikan sasaran utama dan menganalisis kemampuan orang untuk mengeksekusi mereka. Kemudian bertemu dengan anggota tim Anda satu lawan satu untuk mengkomunikasikan prioritas dan harapan utama Anda. Beri tahu masing-masing bagian dua atau tiga teratas yang Anda inginkan untuk mereka fokuskan, dan beri mereka izin untuk menghilangkan atau mendelegasikan tugas yang tidak penting. Pastikan semua pertemuan memiliki tujuan yang jelas, dan cukup banyak downtime dalam kalender bersama untuk menyelesaikan pekerjaan sebenarnya.
Diadaptasi dari “How to Boost Your Team’s Productivity,” by Rebecca Knight
Sumber: Knight, R. (2016). How to Boost Your Team’s Productivity. Harvard Business Review. From: https://hbr.org/2016/01/how-to-boost-your-teams-productivity?cm_mmc=email-_-newsletter-_-management_tip-_-tip_date&referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=14061857&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=741929699&spReportId=NzQxOTI5Njk5S0. Retrieved on March 25, 2016.
-
Ilham Wahyu Baskoro (2001536604/LA21) Saya hanya ingin menambahkan salah satu cara meningkatkan produktivitas karyawan adalah dengan memberikan kepemilikan kepada mereka yang dapat memungkinkan mereka membuat keputusan, memimpin proyek, atau bertanggung jawab atas suatu tugas. Ini memberitahu mereka bahwa Anda telah mempercayai mereka dengan pekerjaan tertentu, atau Anda telah mempercayai mereka untuk membuat keputusan. Ketika Anda melakukan ini, itu membuka pintu kepemilikan dengan anggota tim Anda.
-
Camelia (2001625093) LA21 Menurut saya,Untuk meningkatkan produktivitas didalam tim memang tidak mudah, karena tidak cukup hanya dengan terus mendorong ataupun memberi motivasi kepada mereka untuk bekerja lebih keras, karena dalam menunjang motivasi kepada karyawan di butuhkan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Banyak strategi yang bisa dilakukan oleh seorang pemimpin atau leader dalam perusahaan
-
Akira Tannaca (LA21 - 2001548586) Mengatur waktu tentu penting dalam pekerjaan . Kita harus mendahulukan mana yang penting ,namun tidak juga menelantarkan yang tidak penting . Kita dapat membuat goals kita ,dan tim kita harus mampu bekerja untuk mewujudkan goals tersebut . Sebagai pemimpin ,tentu kita harus bisa memimpin tim kita .
-
Aprillia Amanda (2001604473) LC21 Produktifitas dalam tim memang perlu dalam menjalankan tugas berbondong2. Tetapi tiap masing2 anggota harus memiliki skill yang berbeda-beda agar dapat saling melengkapi kinerja mereka. Hal ini dapat memudahkan kita dalam mencapai target karena masing-masing anggota membantu satu sama lain
-
Devina Alodia Kusuma (2001550092) / LC21 Dalam tim, sebagai manajer bertanggung jawab paling besar atas produktivitas kerja tim. Tim akan dapat berkembang jika semua anggotanya produktiv dansaling membantu satu sama lain. Jika hanya beberapa orang yang bekerja dalam satu tim, maka sisanya tidak akan dapat berkembang. Tim yang produktivitasnya tinggi juga akan menghasilkan orang-orang yang berpotensi dan dapat berkembang di bidangnya sehingga baik untuk kemajuan perusahaan.
-
Theophilus Kevin (2001551340 / LA21) Menurut saya, dalam meningkatkan produktifitas tim dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dengan memberikan kepercayaan saja dapat mendokrak produktifitas personal dalam tim
-
Rachma Juliani - 2001565951 - LA21 seorang manager adalah seseorang yang akan menjadi panutan bagi tim nya. jika si manager adalah sang pemalas maka tim nya pun akan menjadi tim pemalas dan mereka tidak akan mebuahkan hasil apa - apa untuk perusahaan, namun jika si manager adalah sang tepat waktu, disiplin, tegas maka tim nya pun akan menjadi seperti cerminan sang manager. maka dari itu, jadilah manager yang beretika dengan baik dan sopan santun karena sifat tim anda adalah cerminan dari diri anda sendiri dan begitu pula dengan kinerja tim
-
grasela alffega (2001579950) LC21 jika dalam team ada yang tidak aktif didalamnya maka kerja team itu tidak akan berjalan mulus, maka dari itu kerja sama serta kekompakkan dalam team sangatlah dibutuhkan. jika pimpinan nya merupakan seorang yang sangat berpengaruh dalam team tersebut orang yang dapat memotivasi, dan teliti, tepat waktu makan kerja team akan sangat bagus dan juga akan memberikan keuntungan bagi siperusahaannya.
-
Dyah Rosita & 2001614511 Dyah Rosita N - 2001614511 - LA21 Menurut saya produktifitas suatu tim data dikerjakan dengan mengadakan suatu pertemuan yang membahas kelebihan masing-masing yang dimiliki individual tim. Dengan hal itu manager dalat membagi tugas menjadi perunit yang dapat dikerjakan "take home" agar waktu dapat lebih efisiensi.
-
Lucia Paramestita // 2001583960 // LA21 Menurut saya, untuk meningkatkan suatu produktifitas dalam tim dibutuhkannya motivasi para anggota tim dan juga mengadakan pertemuan berkala antar anggota dan juga membahas kendala-kendala yang ada dalam setiap tugas atau bagian yang mereka dapatkan.
-
Ratu Salzabiella A.M. (2001610532 - LA21) Meningkatkan produktifitas tim tentunya harus dimulai dari atasan. Sesuai artikel di atas atasan seharusnya harus menjadi contoh dan memberikan bimbingan yang tepat sehingga tugas kelompok tersebut dapat dicapai.
-
Rendi Reynaldi (2001578790 / LA21) Meningkatkan produktifitas tim menurut saya dengan cara memilih anggota2 yang pas/klop sehingga mau bersama2 bekerja keras dan memberikan apresiasi/rewards kepada mereka yang telah bekerja keras
-
WendyWijaya (2001550054) / LA21 kerja sama tim adalah kunci utama untuk mencapai kesuksesan. mengalokasikan jam kerja, membangun hubungan yang baik serta selalu bnerkomunikasi dengan baik dapat meningkatkan kinerja dan produktifitas team anda.
-
Sesilia Vanessa Audelia/2001542582/LC21 Setiap tim pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai. Tujuan tersebut membutuhkan kontribusi dari tiap anggotanya. Maka dibutuhkan inisiatif, kreatif dan kemampuan dari tiap anggota agar tujuan tercapai sesuai yang diinginkan. Apabila dari beberapa anggota tidak berkontribusi secara maksimal maka akan memperlambat tiap prosesnya. Oleh karena itu pemimpin dalam tim tersebut harus bisa lebih mengayomi agar kekurangan tersebut dapat terbantu. Karena menurut saya tidak semua anggota memiliki hal yang mirip seperti sang pemimpin yang bisa cepat tanggap terhadap pekerjaan
-
VIndy (2001568820) / LA21 setiap team atau grup kerja pasti ingin mencapai tujuan nya dengan lancar oleh karena itu kerja sama sangant di butuhkan dalam hal seperti ini dan juga harus di komando oleh leader yang dapat meningkatkan produktivitas anggotanya, leader yang baik harus bisa membuat anggotanya menjadi bersemangat dalam melakuan projectnya
-
Christine Abraham/2001543944/LC21 Memastikan segala hal berjalan dengan lancar memang sudah menjadi tugas seorang manajer, tapi tanpa adanya anggota tim semua tidak akan berjalan sesuai dengan aturan dan lancar. Oleh karena itu dibutuhkan kerja sama yang baik antar anggota dan pastikan semua kegiatan yang sudah disusun dapat terlaksana. Memastikan dengan membentuk timeline dan mengurutkan mana yang harus menjadi prioritas pertama.
-
Yosia kefas wirawan (2001599164/LA-29) Produktivitas karyawan dapat menjadi maksimal apabila perusahaan memiliki KPI terhadap masing-masing karyawan,serta didukung oleh manajemen SDM yang mendukung tentunya akan menyemangati karyawan untuk selalu berkontribusi lebih dan bekerja keras untuk perusahaan agar mampu mengoptimalkan kinerja nya sehingga mampu mencapai bahkan melampaui target yang ditetapkan oleh manajemen dalam perusahaan itu sendiri. Performance appraisal yang tepat juga mampu memaksimalkan kinerja karyawan.
-
Shania Karla, LA29, 2001578954 Untuk meningkatkan produktifitas dalam tim. Kita harus memberikan kesempatan bagi anggota tim kita untuk berkembang. Seperti memberikan kesempatan kepada mereka untuk menyampaikan pendapat dan juga mengerjakan tugas sesuai kemampuan yang dapat mereka lakukan
-
Vandy anfasha nugraha / 2001593210 Saya setuju dengan artikel diatas. Untuk meningkatkan produktivitas tim. Kita harus mendiskusikannya satu persatu. Agar lebih terfokus dan diskusi yang dilakukan dapat dimengerti oleh anggotanya
-
Bintoro Tri Wicaksono (2001623970) Untuk memberi tahu sebuah sikap kepada tim menurut saya tidak perlu dengan komunikasi, melainkan seperti yg dijelaskan artikel diatas yaitu lansung memberikan contoh kepada tim tersebut. Memiliki sifat yg santai tetapi tegas akan sangan membantu keproduktifitasan tim dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan
-
Rizki dwicahyo G.A - 2001596313 - LA29 Pemberian contoh yang baik tentu merupakan hal yang paling ampuh sebagi role model untuk kemudian dilihat dan diperhatikan oleh anggota nya. Peningkatan produktivitas harus tidak terlepas dari pengawasan dan motivasi pemimpin nya. Sehingga pemimpin harus dapat menemukan dan menempatkan anggota nya dalam lingkup kerja yang sesuai dengan skilk dan kompetensi nya. Sehingga pekerjaan team menjadi efektif dan efisien dalam upaya untuk pencapaian profit atau hal lainnya sesuai dengan visi misi perusahaan yang harus dimiliki dan dipahami oleh setiap stakeholders perusahaan tersebut.
-
Ressy Putri Pertiwi /2001611503 /LA29 Sebagai pemimpin kita haruslah memberikan contoh bagaimana menjala kan tugas dengan baik. Etika dalam berkomunikasi dan menjalankan tugaspun dapat ditiru oleh karyawan. Pemberian batasan seperti yang sudah ditulis dalam artikel pun menjadi sebuah hal yang baik agar pekerjaan yang dikerjakan oleh karyawan dapat diselesaikan dengan efektif dan efisiem serta menghindari salah skala prioritas.
-
Nabila Rachma | 2001610873 | LA29 Saya setuju dengan cara-cara yang disampaikan penulis pada tulisan di atas. Meningkatkan produktifitas tim tidak bisa dilakukan secara satu arah. Komunikasi seperti yang disampaikan penulis antar atasan dan bawahan merupakan suatu hal yang harus dilakukan dalam upaya meningkatkan produktifitas tim.
-
Mohammad Yamin2001538364 Saya punya contoh dalam hal ini. Ada pemimpin yang saya kenal, dia bukan menjadi contoh untuk timnya malah menjadi petaka buat timnya kenapa karena dia sering terlambat
-
Patricia Gabriella D. A. (2001583046/LA29) Saya setuju dengan artikel diatas. Etika dalam berkomunikasi dan menciptakan sebuah hubungan antara atasan dan bawahan merupakan salah satu hal yang dapat mendukung meningkatkan produktifitas sebuah tim.
-
Dixsy Faturochman Putra / 2001595582 / LA29 Seorang manager harus memberikan contoh yang baik kepada bawahannya untuk meningkatkan kinerja karyawannya sehingga berdampak baik pada perusahaan untuk kedepannya.
-
Farrastia Rana Ramadianti - 2001573783 - LA29 Saya sangat setuju dengan artikel diatas. Dengan memberikan contoh yang baik pada anggota tim dan melakukan setiap pertemuan secara jelas dan tertata maka performa kerja tim akan meningkat. Bila peningkatan terus terjadi maka hasil kerja tim juga akan menjadi sesuai yang diharapkan bahkan mungkin lebih dari itu.
-
Raihan Pradipta 2001573581-la29 Artikel Ini sangat berguna bagi menejer
-
Tiara nabilah (2001598634) LA21 Sebagai seorang pemimpin pasti mempunyai followers dan situation . Followers sebagai pengikut hanya bisa mengikuti apa yang diberikan pemimpin. Jika pemimpin memberi contoh perilaku terpuji maka kemungkinan besar followers akan mengikuti itu.
-
Leonardo (2001553873) LC21 Ketika perusahaan memiliki tim yang mudah diarahkan tentu akan membuat apapun yang sulit dicapai menjadi lebih mudah. Ketika Anda merasa tidak dapat menciptakan penjualan dengan baik, cobalah untuk memperhatikan tim Anda, apakah tim Anda sudah bekerja sama dengan baik atau mereka masih menerapkan sistem kerja individualis. Jika kerja sama sudah baik, coba perhatikan strategi Anda. Tetapi, jika tim Anda berkompetisi di dalam tubuh perusahaan, buatlah mereka bekerja sama dengan baik. Karena tidak akan ada tim yang berhasil menang jika tidak dapat bekerja sama secara terorganisir.
-
Sherin Rona Tsurrayya (2001548895 / LC21) sebagai manajer, kita harus memberikan contoh dan mengajarkan kepada tim agar memiliki tujuan yang jelas saat bekerja dan memiliki pertemuan, dan dapat memprioritaskan pekerjaan yang lebih penting, dengan memperhatikan hal tersebut, akan meningkatkan produktifitas tim anda.
-
Salma Hanifa - 2001614285 (LC21) Menurut saya semua itu kuncinya ialah komunikasi, apabila seorang pemimpin mempunyai keinginan mempunyai karyawan yang bagaimana berarti ia harus berkomunikasi yang baik dan mengarahkan tujuan yang diharapkan agar menghasilkan tingkat produktivitas yang efektif dan sesuai
-
Pramudhita Ekaputri (2001548610-LA21) Lakukan dari lingkup diri sendiri dan barulah coba tularkan semangat positif kepada tim yang lain.
-
Wandha Ahmad Saeri H (2001621416) LC21 Untuk meningkatkan produktivitas tim diperlukan komunikasi yang kuat antar anggota dan pemimpin tersebut. Bagaimana sebuah tim dapat menjadi tim yang produktif apabila sering terjadi miss communication? saya rasa hal yang terpenting adalah dapat berkomunikasi dengan baik dengan tim anda. Seorang pemimpin juga harus memberikan contoh yang baik terhadap bawahanya dengan harapan supaya bawahan mengikuti hal yang serupa.
-
WILLIAM (2001592946) Agar bisa membantu anggota tim Anda melakukan hal yang sama, menurut saya kita terlebih dahulu untuk melakukan pengenalan karakter anggota tim kita sebelum kita memberikan contoh-contoh yang akan kita ajarakan ke mereka
-
Siti Utami Putri Ramadhani / 2001586716 / LA29 Di dalam dunia pekerjaan, pastinya Anda akan bertemu dengan banyak orang dan mungkin saja beberapa orang tersebut akan menjadi anggota tim Anda di suatu proyek. Seorang manajer yang telah dibekali dengan berbagai macam teori mengenai perencanaan, memprioritaskan, dsb dapat menggunakan teori-teori tersebut dan mengimplementasikannya dalam pekerjaan. Tapi bagaimana Anda bisa membantu anggota tim Anda melakukan hal yang sama demi kelancaran pekerjaan? Oleh karena itu, mulailah dengan memberi contoh yang baik, seperti bagaimana Anda mengalokasikan jam kerja Anda sendiri (good time management), membantu menetapkan batasan bagi tim Anda dengan menguraikan target utama dan menganalisis kemampuan orang untuk mengeksekusi target yang telah ditetapkan, mengkomunikasikan tentang skala prioritas, dan pastikan semua pertemuan memiliki tujuan yang jelas. Hal-hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan produktivitas tim Anda.
-
I Gde Surya Putra Ariawan (2001586634) / LA29 Salah satu tugas manager yang terpenting adalah bertanggung jawab atas produktivitas dan kinerja dari tim yang ia pimpin. Tim akan dapat berkembang jika semua anggotanya produktiv dan saling membantu satu sama lain. Tim yang memiliki produktivitas tinggi, nantinya akan menghasilkan orang-orang berpotensi yang dapat menjadi jaminan kemajuan perusahaan.
-
Josephine Jesslyne / 2001589213 / LA29 Saya setuju dengan artikel diatas. Apabila seorang manager ingin timnya produktif, tentunya manager sendiri harus memberikan contoh yang baik terlebih dahulu kepada timnya sehingga timnya dapat mengikuti contoh yang telah diberikan manager. Dengan memberikan contoh yang tepat, maka kemungkinan besar akan tercipta produktivitas yang diinginkan manager.
-
Sarah Afifah Risani H - 2001571430 - LA29 Menurut saya, sebagai manajer, kita harus memberikan arahan, contoh dan menuntun tim agar memiliki objektif yang jelas dan sistematis, adakan pertemuan rutin serta penentuan skala prioritas untuk memepertahankan produktivitas tim.
-
Febiyana Aditya / 2001563555/ LA29 Sebagai seorang manager, kita harus mengetahui bagaimana cara dalam meningkatkan produktivitas tim karena hal tersebt adalah tanggung jawab manager dan membantu dalam pencapaian target kita. Maka sebelum itu manager harus mengetahui kapasitas setiap anggota tim sehingga dalam pembagian prioritas tugasnya, mereka dapat mengerjakan secra maksimal dan membantu kita dalam penyelesaiannya. manager harus juga terus mengontrol, mengawasi, mengevaluasi tim secra rutin dan berkala sehingga juga mnegetahui perkembangan tim. apabila terjadi ketidak sesuaian maka manager dapat mengetahui, membantu, memotivasi dan memperbaiki kesalahan tersebut sehingga tim juga merasa nyaman dalam melakukannya. dan dalam pengkomunikasiannya manager harus clear, jelas kepada tim untuk tugas dan tanggung jawabnya.
-
Dicky Mikhael Kosasih - 2001562224 - LA29 Peningkatan produktifitas tim Anda akan mempengaruhi proses dan output yang optimal. Dengan proses dan output yang optimal, tim akan mendapatkan banyak pencapaian yang memenuhi target. Oleh karena itu sebagai leader, harus dapat meningkatkan produktifitas timnya
-
Dorena aldora_ 2001588305 (LA21) Sebagai manajer, kita harus memberikan contoh dan mengajarkan kepada tim agar memiliki tujuan dalam bekerja.
-
SYIFA FITRIANA NABILA - LA21 - 2001579856 Menurut saya, sebagai manajer, kita harus memberikan arahan, contoh dan menuntun tim agar memiliki objektif yang jelas dan sistematis, adakan pertemuan rutin serta penentuan skala prioritas untuk memepertahankan produktivitas tim.
-
Zoya Jeisa (2001565762) LC21 Untuk meningkatkan produktivitas seorang karyawan memang tidak mudah, karena tidak cukup hanya dengan terus mendorong ataupun memberi motivasi kepada mereka untuk bekerja lebih keras. Karena dalam menunjang motivasi kepada karyawan di butuhkan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan yang diinginkan seperti memberikan lingkungan kerja yang baik, memberikan pelatihan, melakukan pengawasan, dan memberi reward.
-
Terry Akbar Pamungkas(2001589592-LA21) Produktivitas seorang karyawan sangat perlu ditingkatkan agar perencanaan yang sudah dibuat dengan matang akan berjalan dengan mulus tanpa terganggu oleh pihak internal. Beberapa cara yang sudah disebutkan diatas dapat diterapkan oleh seorang manajer untuk meningkatkan engagement para karyawannya.
-
merlin claudya - 2001560036 LA21 Sebagai pemimpin kita harus memberikan contoh yang baik dalam menjalankan tugas dan dalam hal apapun . Dengan memberikan contoh yang tepat, maka kemungkinan besar akan tercipta produktivitas yang diinginkan oleh pemimpin.
-
Lisia (LA21 - 2001539316) untuk memingkatkan produktivitas tim, anda harus mengarahkan anggota anda untuk bisa mencapai tujuan perusahaan, bantu & motivasi anggota anda ketika mereka mengalami kesulitan, selain itu tetapkan visi, misi dan strategi yang jelas agar tujuan perusahaan dapat tercapai dengan tepat waktu serta lakukan meeting secara berkala untuk membicarakan kemajuan yang telah dicapai karyawan, dan berikanlah reward kepada anggota team yang telah mencapai target.
-
Keni/2001574552/LA21 Sebagai manajer kita perlu untuk memperhatikan produktivitas tim anda,dengan memberikan arahan,saran dan memotivasi anggota - anggota anda,tak hanya itu kita harus memberikan contoh berupa tindakan kepada tim agar mereka percaya bahwa dengan apa yang kita lakukan tingkat produktivitas mereka dapat meningkat
-
Clara Yolanda (2001604265) - LC21 untuk tim produktif maka sebelumnya harus membentuk tim yang pas dan mau bekerjasama. pendekatan antar tim juga membuat tim itu dapat berkembang. juga saling memotivasi dan membantu