Ubah Nada ketika Percakapan yang Sulit mulai tidak terkendali

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Jika Anda bekerja dengan seseorang cukup lama, Anda pasti akan menghadapi perbedaan pendapat. Tapi ketika percakapan yang sulit mulai tidak terkendali, bagaimana Anda bisa kembali ke jalur semula? Pertama, pahami bahwa ketika orang tidak setuju, sering kali karena salah satu pihak salah menafsirkan umpan balik yang mereka terima sebagai serangan pribadi, seperti, “Jika Anda menyukai gagasan saya, Anda menyukai saya,” atau, “Jika Anda tidak menyukai gagasan saya, Anda tidak menyukai saya”. Untuk mengurangi ketegangan, penting untuk secara sengaja menegaskan kembali komitmen Anda terhadap hubungan yang ada – dengan cara ini tidak ada kebingungan seputar apa sebenarnya argumen tersebut. Mengungkap masalah pribadi dari masalah bisnis dengan fokus sesaat pada hubungan, dengan menggunakan pernyataan seperti “Saya benar-benar ingin menyelesaikannya dengan Anda” dan “Saya yakin kita bisa memikirkannya bersama-sama.” Menegaskan kembali komitmen Anda kepada orang lain dapat mengubah secara signifikan Tenor pembicaraan.

Diadaptasi dari “Defusing an Emotionally Charged Conversation with a Colleague,” by Ron Friedman

 

Sumber: Friedman, R. (2016). Defusing an Emotionally Charged Conversation with a Colleague. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/01/defusing-an-emotionally-charged-conversation-with-a-colleague?cm_mmc=email-_-newsletter-_-management_tip-_-tip_date&referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=13970278&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=741103946&spReportId=NzQxMTAzOTQ2S0. Retrieved on March 15, 2016.

 

 

Nugroho J. Setiadi
  1. LA21 saya bisa tahu bagaimana menghadapi perpedaan pendapat yang sering sekali terjadi kadang orang tidak mengerti atau salah menafsirkan dari argumentasi itu sendiri. trims

  2. Menurut saya dari artikel yang ada diatas, saya setuju dimana adanya penekanan kembali tentang pembicaraan kita dan dimana kita juga memperhatikan intonasi saat kita berbicara sehingga tidak timbul salah penafsiran yang mampu membuat kondisi semakin memanas.

  3. dalam berpendapat pasti ada yang setuju dan tidak setuju, maka dari itu kita harus bisa saling menghargai segala pendapat yang dikemukakan oleh orang lain. dari pernyataan yang diatas saya sudah amat setuju dan jika terjadi perbedaan pendapat sebaiknya kita bicarakan baik baik tanpa adanya emosi.

  4. Nama : Christine Abraham NIM : 2001543944 Kelas : LC21 Memisahkan mana hal masalah yang menyangkut pribadi dengan hal yang menyangkut pekerjaan, saat suasana mulai menegang baiknya anda mulai mendengarkan apa yang menjadi permasalahan lalu mencari jalan tengah agar tidak terjadi konflik. Jangan sampai emosi anda ikut terpancing dan gunakan nada yang lebih halus agar tidak memancing adanya pertikaian. Terkadang mengalah juga lebih baik, bukan berarti anda kalah tapi hanya mencari kesempatan yang tepat untuk kembali memulai pembicaraan agar tidak adanya emosi terlibat didalamnya.

  5. Ketika percakapan mulai panas atau tegang, memang baik sekali cara kita dengan mengubah nada bicara (menurunkan) agar situasi yang tegang menjadi cair seperti semula. Bila ada perbedaan sebaiknya di diskusikan secara toleransi, adil dan menghasilkan solusi yang baik

  6. Sudah menjadi hal yang lumrah didalam menyuarakan pendapat terjadi kenaikan emosi terutama nada bicara, jika sebagai karyawan kita harus memaklumi dan melihat sisi positif dari kenaikan emosi pada saat menyampaikan pendapat.

  7. kita setiap bersosialisasi dengan orang lain mau pun lingkungan kita. kita harus bisa menempatkan diri kita pada situasi yang tepat dan posisi yang tepat dalam sebuah masalah. kita tidak bole milihat suatu masalah dengan satu pihak saja. setiap orang memang mempunyai pemikiran yang berbeda-beda dengan tujuan yang mungkin berbeda. perbedaan pendapat memang menjadi tantangan dalam kita berkomunikasi. tetapi sebaiknya kita bisa menghargai pendapat orang lain juga sehingga pendapat kita juga dihargai dan kita harus bisa menerima masukan kedalam diri kita sendiri.

  8. nada merupakan faktor terpenting dalam berkomunikasi. nada dapat mempengaruhi kondisi dalam berkomunikasi. tetaplah menjaga nada untuk tidak terlalu tinggi, lebih baik nada terdengar lebih rendah. agar dapat menjaga kondisi tetap dingin

  9. Kita tidak dapat mengatasi spekulasi orang-orang dalam berpikir. Maka dari itu untuk menguranginya dengan cara tutur bicara yang baik dan sopan,juga cara berbicara dengan sesama. Hal ini yang mampu mengurangi rasa "negative thinking" seseorang.

  10. menurut saya, saling bertukar pendapat dengan orang lain merupakan cara untuk membangun komunikasi yang baik dengan orang lain. berkomunikasi yang baik bukan hanya saling bertukar pendapat tetapi juga mampu saling menghargai dan menghormati pendapat orang lain. dengan komunikasi seperti itu, hubungan baik pun akan tercipta satu sama lain

  11. Perbedaan pendapat adalah suatu hal yang sangat sering dijumpai dimanapun. Memiliki sikap profesional sangat diutamakan dalam hal ini, tidak meninggikan ego, serta bahasa dalam melakukan perbincangan pun juga harus diperhatikan agar terhindar dari kesalahpahaman. Ketika kita mampu menghargai pendapat yang disampaikan orang lain, maka orang lain juga akan menghargai pendapat kita.

  12. Dalam kehidupan sehari-haripun pasti kita akan menemukan banyak argumen, pro dan kontra. Maka dari itu kita juga harus komit pada apa yang kita yakini, serta percaya bahwa bisa menyelesaikan perbedaan pendapat tanpa adanya pertikaian. Kita tidak boleh egois dan ingin hanya pendapat kita yang didengar tetapi kita juga harus dapat mendengarkan pendapat orang lain karena setiap orang memiliki pemikiran tersendiri.

  13. Dalam suatu pendapat pasti memang ada yang berbeda dalam menanggapi nya. Tetapi jika sudah mulai memanas percakapnnya sebaiknya kita lebih tenang dan menahan emosi untuk menjawab nya dan meyakinkan jawaban kita, agat tidak terjadi konflik.

  14. dalam berdiskusi atau bersosialisasi dengan orang lain adalah hal yang lumrah terjadi perbedaan pendapat. jangan jadikan perbedaan pendapat menjadi sebuah konflik namun jadikan perbedaan pendapat tersebut sebagai pelengkap atas pendapat kita. Kita harus bersikap dewasa saat mengalami hal tersebut ada baiknya kita mengalah agar tidak terjadi konflik yang berkepanjangan.

  15. sebagai orang yang bisa mengetahui dan membaca kondisi, kita harus bisa memukakan pendapat yang sesuai dengan pembicaraan. ketika terjadi argumen diantara setiap individu, ada baiknya kita bisa sama-sama membicarakan dan membuat argumen tersebut bisa diterima oleh semua orang-orang yang terlibat pada saat pembicaraan tersebut sedang dilaksanakan. Sebagai orang yang bijak juga harus bisa membua suasana berpendapat menjadi baik, tenang dan kondusif agar semua nya bisa berjalan dengan lancar.

  16. Berbicara dengan terburu-buru adalah kebiasaan yang buruk dan dapat membuat orang kesulitan untuk mendengar atau bahkan mengerti apa yang Anda katakan.Ini akan membuat pendengar Anda menyingkir dan berhenti mendengarkan. Maka, sangat penting bagi Anda untuk memperlambat bicara Anda dengan mengucapkan kata-kata dengan perlahan dan berhenti di antara kalimat-kalimat; ini akan membantu Anda untuk menekankan apa yang Anda katakan dan memberi Anda kesempatan untuk mengambil napas. Selain itu, ada baiknya untuk tidak berbicara terlalu lambat. Berbicara terlalu lambat dapat terdengar monoton bagi pendengar Anda, sehingga mereka dapat kehilangan kesabaran dan meninggalkan Anda.

  17. Mengukapkan sebuah pendapat, pasti selalu ada 'pro' dan 'kontra', dimana disatu sisi mereka senang dengan pendapat yang satu, namun yang satu lagi tidak senang dengan pendapat yang satu. Maka oleh dari itu, jika terjadi 'kontra' dalam menyampaikan suatu pendapat, sebaiknya ditanyakan kalimat "Apa yang membuat anda tidak senang dengan pendapat saya? Mungkin dengan alasan yang anda berikan saya dapat membenarkan pendapat saya dan bisa juga saya akan lebih menjelaskan pendapat saya yang memang sudah benar.", dengan melakukan pembicaraan seperti itu mungkin akan mengAdemkan suasana yang ada disekitar.

  18. dengan terjalinnya hubungan yang berjalan lama, pendekatan antar pegawai dalam pekerjaan akan terjalin semakin erat. maka sangat lah wajar jika seseorang yang berpendapat lalu tidak di setujui akan berasumsi bahwa ia tidak di sukai lagi olehnya. hal itu terjadi karena adanya rasa kedekatan yang lebih. maka, yang harus diluruskan jika hal tersebut terjadi adalah, kita harus membuat keputusan dimana keputusan tersebut harus diselesaikan secara bersama-sama atau bergantian atau dengan kata lain membagi tugas, dan setiap orang harus memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap pekerjaan tsb, agar sikap tersebut dapat dikurangi.

  19. Jika kita berpendapat atau mengajukan pendapat kepada orang lain, agar tidak terjadi konflik sebaiknya kita terlebih dahulu bersikap yang menerima apa yang ingin disampaikan orang lain. Pendapat yang baik akan berdampak baik juga bagi suatu keputusan juga. Jadi bersikaplah yang seharusnya saat ingin berpendapat.

  20. Setiap orang pasti memiliki presepsi yang berbeda-beda, pastinya jika pendapat anda ingin dihargai, hargai juga pendapat orang lain

  21. Setiap orang pasti memiliki persepsi yang berbeda-beda, pastinya jika pendapat anda ingin dihargai, hargai juga pendapat orang lain

  22. Menurut saya, tentu saja komunikasi merupakan hal yang penting dalam membangun dan mempertahankan hubungan dengan orang lain. Apabila orang ingin menghindari konflik, seringkali mereka hanya sekadar setuju dengan pendapat orang lain. Namun hal tersebut hanya akan membuat kita sebagai pengikut. Untuk menghindarinya, kita harus dapat dengan berani untuk mengatakan pendapat kita, tidak takut akan pendapat orang lain. Namun seringkali, akan terjadi perbedaan pendapat sehingga mungkin terjadi konflik. Dalam konteks ini, penekanan komitmen kita dapat memperjelas tujuan kita berkomunikasi dan mencegah terjadinya konflik akibat adanya kesalahpahaman maupun hal lainnya. Penting pula bagi orang untuk mampu menyampaikan pesan dengan baik agar tidak terjadi suatu kesalahpahaman. Terima kasih

  23. Setuju dengan artikel diataa.Dalam ketidakstujuan itu bicarakanlah dengan baik-baik secara diskusi bersama agar ada titik temu yang impas (winwin). Menurut saya adanya ketidak stujuan merupakan hal yang wajar karena setiap orang memiliki pikiran&pandangan yang berbeda-beda hanya bagaimana saja kita menyikapinya. Mulailah mau mendengarkan&menghargai pendapat orang

  24. itu sangat penting, Karena apabila kita tidak mengontrol nada bicara kita, maka itu akan mengakibatkan permasalahan yang cukup serius. dengan cara kita mengontrol dan pikirkan dahulu apa yang kita bicarakan itu lebih baik agar tidak terjadi permasalahan yang timbul.

  25. Disini terlihat profesionalitas perlu ditingkatkan dan cara beretika berbicara yang baik yaitu dengarkan dan menerima argumen tersebut dengan pikiran yang terbuka dan menjawab argumen dengan kaitan menerima argumen seseorang tersebut denganbegitu akan membantu pencegahan pertikaian argumen ini dan jangan lupa setelah itu hubungan kita dengannya perlu dikuatkan lagi demi hubungan yang lebih baik dan keprofesionalitas kita

  26. perbedaan pendapat pada dunia kerja adalah hal yang seringkali terjadi didalam kehidupan sehari-hari, maka kita harus belajar bagaimana menghargai pendapat orang lain, jika kita bisa menghargai pendapat orang lain, maka pendapat kita juga akan dihargai

  27. saat melakukan pembicaraan , nada bicara harus sangat diperhatikan karena dari nada bicara bisa membuat lawan bicara kita mengetahui maksud dari pembicaraan kita . memperhatikan nada bicara bisa menghindari terjadinya kesalahpahaman.

  28. Perbedaan pendapat sering terjadi di berbagai pertemuan atau diskusi. semakin banyaknya anggota yang mengikuti sebuah pertemuan. ini semakin memungkinkan adanya konflik yang mungkin dapat terjadi di pertemuan tsb. janganlah ingin selalu bersikap dominan disebuah pertemuan karna dapat menutup pendapat anggota lainnya. pemimpin pertemuan pun tidak menjadi yang dominan tapi jembatan pendapat para anggota pertemuan. menghargai pendapat orang lain adalah salah satu solusi untuk menghindari terjadinya konflik.

  29. disetiap perbincangan pasti memiliki argumen yang berbeda, namun respon juga harus dapat dikendalikan, karena dalam perbincangan nada itu poin penting, karena nada memengaruhi suasana didalamnya, jadi nada dalam merespon harus diperhatikan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

  30. Menurut saya perbedaan pendapat didalam suatu pekerjaan pasti akan terus terjadi, yang paling terpenting bagaimana kita bisa menerima masukan dan pendapat orang lain jika kita juga ingin diperlakukan seperti itu dan tidak menggunakan rasa emosi dalam menyelesaikannya.

  31. saya setuju, memang nada dan intonasi mempengaruhi dalam mennaggapi lawan bicara kalau bisa kita jangan sampai meyinggung perasaan lawan bicara kita, dan juga perbedaan pendapat juga biasa terjadi yang terpenting adalah selesaikan dengan kepala dingin dan nada bicara juga harus diperhatikan.

  32. Perbedaan pandangan dalam berkomunikasi adalah hal yang wajar . Masalah yang sering terjadi adalah adanya konflik ketika perbdeaan pendapat terjadi. Kita harus bersikap dewasa saat mengalami hal tersebut ada baiknya kita menghormati pendpat orang lainagar tidak terjadi konflik yang berkepanjangan.

  33. Mengatasi perbedaan pendapat dengan rekan kerja bisa dengan cara mendengarkan tanggapan yang ia berikan, mencoba mengerti dan mengikuti jalan dari maksudnya. Jika ada yg tidak cocok bisa kita coba perbaikinya. Apalagi jika rekan kerja yang sudah lama sudah bersama dengan kita, kita harus bisa lebih menunjukkan cara kerjasama yg baik. Agar SDM baru yg bekerja di kita dapat mencontohi gaya bekerja kita

  34. Nada berbicara tentu penting saat kita berkomunikasi . Dalam sehari-hari ataupun hal pekerjaan ,nada bicara yang baik akan mengarahkan kota ke perbincangan yang baik juga .

  35. Saran saya berbicara dengan banyak orang lain sehingga banyak pendapat - pendapat yang berbeda dari orang lain dan mendengar tanggapannya

  36. menurut saya, kenali lawan bicara anda sebelum anda melakukan pembicaraan yang mendalam dengan lawan bicara anda. hal tersebut setidaknya mengurangi kemungkinan terjadinya perselisihan yang tak terselesaikan saat sedang berbicara atau berargumen.

  37. Setiap manusia pasti mempunyai karakter, karakter ini lah kadang kadang menguntungkan atau merugikan bagi diri sendiri atau orang lain. Cara menyikapi kedua hal tersebut (merugikan dan menguntungkan) MENGINGAT, MENIMBANG, MEMUTUSKAN. Mengingat yang dihadapi kita siapa, perilakunya, karakternya, dll Menimbang kita harus punya toleransi siapa dia, tabiatnya, dan kesehariannya Memutuskan, mengalah untuk menang (bukan artian konfrontasi) kita harus punya prinsip Kesimpulan: menghadiapi orang harus punya prinsip pribadi dan juga menjaga perasaan yang lain.

  38. Menurut saya kita harus bisa membaca situasi dimana situasi itu dalat dikendalikan atau tidak. Berdasarkan hal diatas sikap tolerantie sangat diperlukan dan tidvak boleh saling egois atas pendapat yang ada karena kita dalam suatu pertemuan diwakili oleh banyak kepala yang memiliki argumen pribadi

  39. saya sangat setuju dengan artikel di atas. karena tidak semua hal percakapan saat sudah tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan itu pasti akan ada perdebatan. tapi kita bisa selesaikan dengan baik dan menahan emosi dengan membalas dengan kata halus yang sifatnya membangun.

  40. Perbedaan pendapat dalam berdiskusi tentu merupakan hal yang lumrah. Akan tetapi jika sudah mulai tidak terkendali, cara-cara di atas dapat dilakukan untuk mengurangi ketegangan dan menjaga sikap profesionalitas.

  41. Kawai satria 2001591060 Setiap orang memiliki pendapat dan pandangannya masing masing pada suatu hal.hal tesebut sering kalo menciptakan perdebatan antar individu maupun kelompok .oleh karena itu perubahan nada ketika berbicara harus diperhatikan sehinnga tidak merubah arti dan makna sesungguhnya.terlebih ketika lawan berbicara dengan nada tinggi maka selaku lawan bjcara ada baiknya kita merendahkan nada agar tidak terjadi perpercahan

  42. Dalam mengutarakan pendapat harus tegas, jelas, dan selalu dalam komitmen bermusyawarah. Agar orang lain yang mendengarkan lebih mengerti dan tidak tersinggung dengan pendapat yang telah kita utarakan.

  43. Perbedaan pendapat dapat muncul, namun apabila menyangkut prinsip tidak dapat ditawar lagi. Karena prinsip bersifat benar dan wajib. Sementara untuk hal-hal non-prinsip dapat dibicarakan dengan kepala dingin dan panjang sabar, dengan intonasi dan bahasa yang ramah agar lawan bicara dapat mempertimbangkan pendapat kita. Namun apabila ia tidak setuju, kita juga harus menyikapinya dengan lapang dada.

  44. Menurut saya artikel diatas sangat betul terkadang kita berbeda pendapat dengan rekan kita namun kita harus bersikap ramah dengan rekan kita dan menghargai opini nya

  45. Menurut saya, dalam menghadapi perbedaan pendapat, penting untuk terus menegaskan kembali komitmen masing-masing pihak terhadap hubungan yang ada, untuk menghindari salah satu pihak menganggap argumen yang diberikan merupakan serangan personal dan bukannya sebagai usaha pemecahan masalah profesional yang sedang dihadapi bersama.

  46. Jika kita mendapatkan perbedaan pendapat dan sampai menjadi tidak produktif percakapannya. Maka tinggalkan orang tersebut karena orang tersebut sudah di ciptakan untuk berbeda pendapat dengan yang lain...

  47. Jika kita berbicara kepada rekan kerja kita dalam waktu yang cukup lama, terkadang apa yang kita bicarakan lama kelamaan menjadi melenceng dan sering kali timbul perbedaan pendapat yang membuat nada bicara kita cenderung tinggi. Dalam posisi seperti itu kita harus bisa memposisikan diri dan juga menjaga intonasi suara kita agar situasi tidak menjadi tegang

  48. Nada dalam berkomunikasi merupakan hal yang penting karna dapat menentukan hasil akhir dari komunikasi tersebut. Tetapi cobalah untuk tetap menjaga nada itu sebaik mungkin akan terjalin komunikasi yang baik tanpa menimbulkan emosi dan konflik.

  49. Sebagai seorang manager atau karyawan. Kita akan saling bertukar pendapat pada orang lain. Setiap pekerjaan yang dilakukan kita wajib untuk mengatur emosi kita. Agar tidak terjadi perselisihan, dan kita harus menerima pendapat rekan kita begitu pula dengan mereka sendiri

  50. Saya sengat setuju dengan artikel diatas. Jika perselisihan atau perdebatan mulai terjadi. Ada baiknya kita memperhatikan nada bicarakita dan mebghaluskannya serta menegaskan kembali komitmen kita untuk menyelesaikan masalah ini secara baik dan bersama.

  51. Nada bicara mempengaruhi segala percakapan. Maka dari itu nada bicara perlu diperhatikan dalam percakapan. Artikel yang bagus. Saya setuju dengan artikel ini

  52. Tentu komunikasi sangat penting dan rawan dalam praktiknya, sehingga individu harus dapat melakukan komunikasi yang baik dalam praktiknya dengan berlatih dan memikirkan hal yang ingin diucapkan sebelum diucapkan. Maka tentu hal ini dapat meminimalisir konflik ysng akan timbul.

  53. Penggunaan nada adalah hal yg penting untuk mengendalikan suatu pembicaraan. Nada yg kita keluarkan tentunya harus bersifat nyaman. Berikan nada yg nyaman terhadap lawan bicara agar terus dapat tercipta suasana yg kondusif

  54. Pernahkah kalian merasa ‘terjebak’ di dalam suatu percakapan sulit yang tidak diinginkan? Percakapan sulit itu belum tentu topiknya yang menyulitkan (pelajaran kimia atau matematika sulit, bukan?) tetapi ‘energi’ yang terasa dari percakapan itu. Misalnya, ketika kalian sedang berbicara dengan seseorang, dia tidak merespon pembicaraannya dengan baik. Bahkan, dia cenderung acuh tak acuh, defensif atau malah terlihat melamun. Intinya, percakapan sulit adalah percakapan dimana kita merasa tidak nyaman berada di dalamnya. Jadi, sekarang saya akan berusaha untuk memberi kalian beberapa cara untuk menghindari percakapan yang pasti sungguh akan merepotkan hati dan pikiran ini

  55. Penting bagi kita untuk menerima pendapat atau gagasan orang lain walaupun tidak sejalan dengan pemikiran kita tetapi kita juga harus menegaskan kembali apa yang menjadi komitmen kita sehingga pendapat yang lainnya tidak menyimpang dari topik yang sedang dibahas.

  56. Semua orang dalam menyelesaikan suatu kegiatan pasti punya cara dan pola pikir yang berbeda-beda, dalam berdiskusi mencari jalan keluar masalah sering kali terjadi perbedaan pendapat dan menimbulkan konflik, hal ini lah yang harus kita hindari. Kita harus jeli melihat lawan bicara dan harus tau bagaimana membawa pembicaraan tetap pada koridornya dan tidak membuat lawan bicara kita menjadi tidak tertarik lagi untuk menyelesaikan masalah, hormati pendapatnya dan berikan saran apabila itu salah. Namun harus dengan pembawaan yang sopan dan ramah.

  57. Jika kita bekerja dengan seseorang cukup lama memang pasti akan menghadapi perbedaan-perbedaan dalam berpendapat. Tapi ketika percakapan yang sulit mulai tidak terkendali kita bisa lakukan seperti artikel diatas, mulai tenang dan berusaha mendengarkan dengan bair tentang argumen yg dia berikan dlu, setelah keadan mulai menjadi tenang baru kita kemukakan pendapat kita.

  58. Perbedaan pendapat merupakan hal yanng lumrah dan sering dijumpai dimanapun. Memiliki sikap profesional sangat diutamakan dalam hal ini, meninggalkan ego, serta mengatur bahasa dalam melakukan pembicaraan juga harus diperhatikan agar terhindar dari kesalahpahaman. Hargailah pendapat orang lain agar mereka dapat menghargai pendapat kita.

  59. Perbedaan pendapat sering kali menuai konflik antar individu. Apalagi ketika percakapan yang sulit mulai tidak terkendali dan dapat memperkeruh keadaan. Lalu bagaimana Anda bisa kembali ke jalur semula?. Pertama, pentingnya untuk memahami bahwa ketika orang tidak setuju, sering kali karena adanya miscommunication dimana salah satu pihak salah mengartikan feedback yang mereka terima sebagai serangan pribadi. Untuk mengurangi ketegangan, ada pentingnya untuk merubah nada bicara serta kalimat dengan menegaskan kembali komitmen Anda terhadap hubungan yang ada.

  60. Ketegangan dalam diskusi adalah sesuatu yang bisa saja sering terjadi dalam pekerjaan. Cara yang ditunjukkan penulis dalam artikel ini membantu kita untuk melakukan tips and trick apabila menghadapi situasi diskusi dengan tensi yang tinggi. Mempertegas komitmen dalam diskusi dapat membantu kembali mengarahkan diskusi yang sempat melenceng karena adanya kesalahpahaman akan feedback yang diberikan.

  61. Dalam melakukan suatu diskusi dengan orang lain, tentunya seringkali diikuti dengan adanya perbedaan pendapat. Perbedaan pendapat ini seringkali menyebabkan konflik apabila kedua belah pihak tidak dapat mengatur emosinya dengan baik. Maka dari itu hendaknya setiap pihak memiliki pemahaman bahwa tidak semua orang dapat setuju dan memiliki pemikiran yang sama terhadap suatu hal dan setiap orang memiliki pendapat sendiri. Maka dari itu, untuk menghindari konflik yang tidak diperlukan hendaknya masing-masing pihak dapat memahami pendapat pihak lainnya dan bersama-sama mencari solusi yang paling tepat.

  62. Perbedaan pendapat merupakan hal yang wajar ditemui saat mendiskusikan suatu problem. Dengan tetap menggunakan kepala dingin, nada yang rendah dan menjaga profesionalitas sangatlah dibutuhkan melihat tidak setiap orang dapat melakukan musyawarah tanpa terbawa emosi. Jika percakapan sudah mulai tidak terkendali ada baiknya untuk memberhentikan sejenak, lalu kembali lagi saat dirasa suasana sudah mulai mencair.

  63. Didalam diskusi merupakan hal yang wajar jika terdapat pro/kontra terhadap pendapat yang ada. Tetapi masalah dapat muncul ketika terdapat ketidakdewasaan dalam berfikir dan menanggapi perbedaan tersebut. Sehingga membuat ketegangan dalam berdiskusi. pro/kontra dalam berdiskusi sebenarnya diperlukan supaya terdapat berbagai pandangan-pandangan lain mengenai topik yang dibahas sampai terbentuk win-win solution. maka dari itu, untuk menyelesaikan ketegangan yang ada, cara diatas sangat baik dan kita harus mengetahui cara, trik yang benar untuk meredam/menyelesaikannya biasanya terdapat moderator yang perlu bersikap netral dan dapat menyelesaikannya. Dan kita perlu dewasa dalam menanggapi perbedaan pendapat tersebut dan tidak boleh dikaitan dengan hubungan pribadi karna yang diperdebatkan mengenai topiknya, konteks dan kontennya.

  64. Sekiranya Anda juga harus membatasi apabila percakapan sudah tidak terarah. Percakapan yang tidak terarah hanya berujung pada perpecahan. Dengan adanya batasan, maka percakapan dapat kembali ke jalurnya yang semula dan apa yang dipercakapkan menjadi lebih produktif

  65. Perbedaan pendapat pada dunia kerja adalah hal yang seringkali terjadi didalam kehidupan sehari-hari, Nada berbicara tentu penting saat kita berkomunikasi. Apabila kita tidak mengkontrol nada berbicara kita maka akan terjadinya cikcok dalam bekerja.

  66. Saya sengat setuju dengan artikel diatas. Jika perselisihan atau perdebatan mulai terjadi. Ada baiknya kita memperhatikan nada bicarakita dan mebghaluskannya serta menegaskan kembali komitmen kita untuk menyelesaikan masalah ini secara baik dan bersama.

  67. Ya, Saya sangat setuju dengan apa yang artikel ini bahas, karena Saya rasa kita juga perlu untuk menghindari konflik walaupun mereka yang memulai terlebih dahulu.

  68. percakapan yang sulit yang tidak dapat dikendalikan memang akan memunculkan emosi karena percakapan dengan rekan kerja tidak percakapan serasa tidak akan terselesaikan dan hanya menambah masalah. sebaiknya, jernihkan kembali pikiran anda sehingga anda dapat menyelesaikan percakapan ini dengan baik cobalah untuk menegaskan kembali apa yang ingin anda sampaikan secara jelas dan tegas, karena skill komunikasi yang baik tidak akan membuat rekan kerja salah paham

  69. Dalam melakukan perbincangan dalam perusahaan kita harus dapat membedakan mana pembicaraan yang berkaitan dengan masalah pribadi dan masalah perusahaan.Dalam perbicangan kita juga perlu memperhatikan nada pembicaraan apabila lawan bicara anda berbicara dengan nada tegas maka ia sedang serius dan begitu juga sebaliknya

  70. artikel ini bagus,perbedaan penapat memang hal yang wajar tetapi bukan untuk membuat situasi semakin rumit. jika ada slek antar pendapat maka dibicarakan secara baik-baik agar tidak terjadi situasi yang tidak enak