Jadikan Rapat Anda Lebih Efektif dengan Menindaklanjuti
Compiled by: Nugroho J. Setiadi
Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116
Mudah untuk berpikir bahwa pekerjaan Anda dilakukan saat Anda keluar dari rapat. Tapi keputusan yang dibuat di ruangan hanya akan efektif jika Anda hati-hati menindaklanjuti. Mulailah dengan menulis catatan ringkasan singkat, menggambarkan apa yang telah dibahas dan langkah-langkah tindakan yang jelas. Lampirkan catatan dari rapat. Rancang ini dengan cara yang memungkinkan orang lain menyampaikan pesan Anda kepada siapapun yang melewatkan pertemuan atau siapa peduli dengan apa yang terjadi. Catat setiap jadwal tugas yang dijadwalkan di kalender Anda sehingga Anda dapat memastikannya selesai. Jika ada seseorang yang memiliki saham tertentu dalam hasil pertemuan, seperti atasan Anda, menindaklanjuti secara langsung untuk memastikan mereka mengetahui keputusan yang dibuat dan langkah selanjutnya. Akhirnya, luangkan waktu untuk merefleksikan pertemuan, bagaimana Anda melakukannya sebagai fasilitator, dan apa yang bisa Anda lakukan lebih baik di lain waktu.
Diadaptasi dari HBR Guide to Making Every Meeting Matter Ebook + Tools
Sumber:
Harvard Business Review (2016). HBR Guide to Making Every Meeting Matter. USA: HBR Ebook + Tools