Kombinasi antara Keyboard Smartphone dengan Mobile Banking
Dewasa ini, teknologi yang semakin berkembang dapat membantu kita melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satunya dengan menggunakan internet. Menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pada 2017 jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 143,26 juta. Dari data ini, kita dapat melihat bahwa masyarakat Indonesia tergolong aktif beraktivitas di dunia maya. Hampir semua kegiatan kita sudah dapat dilakukan secara online sehingga kita mudah melakukannya. Contoh lainnya, sekarang kita dapat berbelanja berbagai keperluan dari yang paling sederhana sampai yang paling rumit secara online melalui aplikasi-aplikasi toko online yang tersedia. Tentunya hal ini membuat jumlah online shopper juga semakin bertambah. Dilansir dari kompas.com, pada tahun 2018, jumlah online shopper diperkirakan mencapai 11,9 persen dari total populasi di Indonesia. Selain hanya berbelanja, banyak juga yang tertarik untuk mulai berjualan di toko online sebagai pekerjaan sampingan mereka. Penelitian yang dilakukan pada Juni 2019 tersebut mengambil 2.000 pekerja full-time sebagai responden. Hasilnya, 61 persen percaya generasi saat ini memerlukan pekerjaan sampingan untuk meningkatkan kondisi keuangan mereka. Sisanya, 39 persen menganggap pekerjaan sampingan adalah hal normal di masa depan.
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan e-commerce di Indonesia pada sensus ekonomi 2016 meningkat 17 persen atau 26,2 juta pelaku bisnis. Peningkatan ini secara pasti berdampak pada para penjual di toko online. Seperti yang dilansir dari kompas.com, dituliskan kesulitan dari salah satu penjual toko online. Ia merasa kesulitan bila harus mengurus transaksi pembayaran ke supplier serta penerimaan pembayaran dari customer, terutama apabila ia sedang menghadapi pesanan yang banyak. Ia merasa sulit untuk beralih dari aplikasi chat dan mobile banking yang ada di smartphone miliknya.
Dari permasalahan tersebut, kita dapat menciptakan inovasi yang sederhana dengan memasukkan fitur mobile banking dalam keyboard di smartphone kita. Mobile banking adalah sebuah layanan yang disediakan oleh bank untuk melakukan berbagai transaksi perbankan melalui berbagi fitur yang ada pada ponsel pintar (smartphone). Mobile banking banyak digunakan karena memberikan berbagai kemudahan dalam bertransaksi dengan menyediakan fitur–fitur seperti mutasi rekening, transfer antar bank, dan lain-lain. Hal ini yang menyebabkan banyak masyarakat beralih menggunakan mobile banking. Sehingga dengan data pengguna online shop dan pengguna mobile banking yang penggunanya cukup banyak, maka dibutuhkan suatu inovasi agar memudahkan pengguna mobile banking terutama pengguna online shop dalam melakukan transaksi. Salah satu caranya dengan mengombinasikan fungsi keyboard smartphone dengan mobile banking. Cara menghubungkan keyboard dengan mobile banking yaitu dengan menyediakan fitur seperti keyboard banking yang nantinya dapat diaktifkan langsung melalui m-banking, sehingga keyboard banking muncul di keyboard utama di smartphone kita.
Dengan adanya kolaborasi antara keyboard smartphone dengan fitur mobile banking kita tidak perlu buka tutup aplikasi jika ingin melakukan transaksi. Selain itu pengguna smartphone juga dapat menghemat waktu dan tenaga.
Penulis: Jason Widjaja (2301940161); Kadek Ayu Shinta Madani (2301937495); Stefiosa Khaldea Puspita Yulianto (2301937841)