The Roles and Value of Intermediaries in E-Marketplaces

Dua jenis utama perantara online adalah broker dan infomediary.

Pialang
Pialang di EC adalah orang atau perusahaan yang memfasilitasi transaksi antara pembeli dan penjual. Berikut ini adalah berbagai jenis broker:
• Perdagangan. Perusahaan yang membantu perdagangan online (mis., E * TRADE atau eBay).
• Organisasi mal online. Perusahaan yang mengatur banyak toko online di satu tempat
• Agen pembanding. Perusahaan yang membantu konsumen membandingkan harga mendorong komentar pengguna dan menyediakan pelanggan
layanan di berbagai toko untuk produk dan layanan terkait perjalanan.
• Penyedia alat bantu belanja. Perusahaan yang membantu belanja online dengan menyediakan escrow, pembayaran, pengiriman, dan keamanan untuk pembeli global.
• Layanan pencocokan. Layanan ini cocok dengan entitas seperti pekerjaan untuk pelamar dan pembeli ke penjual.

Dikutip dari

Efraim Turban,David KIng,Jae Lee,Ting-Peng Liang. (2018). Electronic Commerce : A Managerial And Social Networks Perspective, Springer International Publishing AG

Dicky Hida Syahchari,ST,MM,PhD