The Components and Participants in E-Marketplaces

Komponen dan pemain utama dalam ruang pasar adalah Customers, Sellers, Products and services. (fisik atau digital), Infrastructure, mekanisme front-end dan back-end, Intermediaries dan mitra bisnis lainnya, dan layanan pendukung seperti keamanan dan pembayaran .

Deskripsi singkat dari masing-masing berikut:

  • Customers. Beberapa miliar pengguna Internet di seluruh dunia adalah pembeli potensial barang dan jasa yang ditawarkan di Internet. Konsumen ini mencari barang murah, barang khusus, barang kolektor, hiburan, sosialisasi, dan banyak lagi. Pelanggan sosial memiliki kekuatan lebih dari pelanggan biasa. Mereka dapat mencari informasi terperinci, membandingkan harga, penawaran, dan terkadang bernegosiasi.

 

  • Sellers. Jutaan toko web mengiklankan dan menawarkan berbagai macam barang. Toko-toko ini dimiliki oleh perusahaan, agen pemerintah, atau perorangan. Setiap hari dimungkinkan untuk menemukan penawaran produk dan layanan baru. Penjual dapat menjual langsung dari situs web mereka atau dari pasar elektronik publik.

 

  • Products and services. Salah satu perbedaan utama antara pasar dan ruang pasar adalah kemungkinan digitalisasi produk dan layanan dalam ruang pasar. Meskipun kedua jenis pasar dapat menjual produk fisik, mereka juga dapat menjual produk digital, yang merupakan barang yang dapat diubah menjadi format digital. Namun, di ruang pasar, pembeli dapat membeli produk digital secara online, kapan saja dan dari mana saja dalam hitungan detik, dan menerima barang yang dibeli secara instan. Selain digitalisasi perangkat lunak, musik, dan tiket pesawat, dimungkinkan untuk mendigitalkan puluhan produk dan layanan lainnya.

 

  • Infrastructure. Infrastruktur marketspace mencakup jaringan elektronik, database, perangkat keras, perangkat lunak, dan banyak lagi.

 

  • Front end. Pelanggan berinteraksi dengan ruang pasar melalui front end. Komponen utama ujung depan dapat mencakup portal penjual, katalog elektronik, keranjang belanja, mesin pencari, mesin lelang, gateway pembayaran, dan semua kegiatan lain yang terkait dengan menempatkan pesanan.

 

  • Back end.. Semua kegiatan yang terkait dengan agregasi dan pemenuhan pesanan, manajemen inventaris, pembelian dari pemasok, akuntansi dan keuangan, asuransi, pemrosesan pembayaran, pengemasan, dan pengiriman dilakukan dalam apa yang disebut sebagai back end bisnis.

 

  • Intermediaries. Dalam pemasaran, perantara biasanya merupakan pihak ketiga yang beroperasi antara penjual dan pembeli. Peran perantara elektronik seringkali berbeda dari perantara reguler (seperti grosir atau pengecer), seperti yang akan dilihat di seluruh teks. Misalnya, perantara online membuat dan mengelola pasar online. Mereka membantu mencocokkan pembeli dan penjual, menyediakan layanan escrow, dan membantu pelanggan dan / atau penjual menyelesaikan transaksi. Perantara fisik dapat dihilangkan dan pekerjaan mereka terkomputerisasi (sepenuhnya atau sebagian) seperti dijelaskan selanjutnya.

Dikutip dari

Efraim Turban,David KIng,Jae Lee,Ting-Peng Liang. (2018). Electronic Commerce  A Managerial And Social Networks Perspective, Springer International Publishing AG

Dicky Hida Syahchari,ST,MM,PhD