MODEL FIDELITY

KESETIAAN MODEL

Fidelitas model adalah ukuran seberapa dekat model mendekati dunia nyata. Fidelitas adalah ukuran kebalikan dari kesalahan: model kesetiaan tinggi kurang salah daripada model kesetiaan rendah.

Kesetiaan meluruh seiring waktu ketika dunia yang dimodelkan berubah. Ketepatan peta jalan dan model sistem navigasi akan menurun seiring dengan pembangunan jalan baru dan penutupan jalan lama, karena jalan layang dibangun dan alamat baru ditetapkan. Dunia berubah, dan model harus diperbarui untuk mengikuti perubahan dunia. Edisi baru peta jalan kertas diterbitkan setiap tahun, dan sistem navigasi mobil diperbarui secara berkala dengan model baru di DVD. Anda mungkin berpikir bahwa model dengan fidelitas yang lebih tinggi lebih baik daripada model dengan fidelitas yang lebih rendah, dan terkadang Anda benar. Model dengan fidelitas yang lebih tinggi lebih akurat—tidak salah—seperti model dengan fidelitas yang lebih rendah. Tetapi kesetiaan yang lebih tinggi terkadang lebih buruk daripada kesetiaan yang lebih rendah. Model dengan ketelitian lebih tinggi membutuhkan waktu lebih lama bagi orang untuk memahami semua detail ekstra. Mereka lebih mahal untuk dibangun karena detail ekstra harus dibuat dan waktu ekstra dihabiskan untuk memeriksa apakah modelnya benar. Seiring perubahan dunia, model harus dipelihara, agar mereka tetap up-to-date dengan dunia yang mereka modelkan. Model dengan fidelitas yang lebih tinggi lebih mahal untuk dirawat: ada lebih banyak detail yang harus diselaraskan dengan dunia yang terus berubah.

Model dengan fidelitas lebih rendah selalu lebih mudah dibuka. Pemodelan selalu merupakan tradeoff ekonomi antara nilai yang diberikan model dan biaya pembangunannya. Terkadang model fidelitas tinggi lebih baik karena biaya ekstra fidelitas dibenarkan oleh nilai yang diberikannya. Terkadang model kesetiaan rendah lebih baik karena sedikit nilai tambahan dapat diperas dari lebih banyak kesetiaan.

Pemodel pemula terkadang mencoba membuat model yang seakurat yang dapat mereka buat, dengan ketelitian setinggi mungkin. Ini adalah upaya yang terpuji, tetapi salah arah: kesalahan pemula. Pemodelan tidak seperti mengembangkan perangkat lunak, di mana lebih sedikit bug berarti kode yang lebih baik. Sebaliknya, pemodelan lebih seperti merekam musik, di mana ada batasan seberapa baik telinga dapat mendengar, dan karenanya membatasi seberapa sempurna suaranya.

Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)

Dicky Hida Syahchari