Unrelated Diversification Strategy

Unrelated Diversification Strategy memanfaatkan kapitalisasi bisnis yang mampu memberikan kinerja keuangan yang sangat baik di industri masing-masing daripada berusaha untuk memanfaatkan kecocokan strategis rantai nilai di antara bisnis.

Perusahaan yang menggunakan Unrelated Diversification Strategy terus mencari di berbagai industri untuk perusahaan yang dapat diperoleh untuk kesepakatan tetapi memiliki potensi untuk memberikan pengembalian investasi yang tinggi. Unrelated Diversification Strategy memerlukan pencarian untuk mengakuisisi perusahaan yang asetnya dinilai rendah, perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan, atau perusahaan yang memiliki prospek pertumbuhan tinggi tetapi kekurangan modal investasi.

10 pedoman ketikaUnrelated Diversification Strategy menjadi sangat efektif strategi.

  1. Pendapatan yang berasal dari produk atau layanan organisasi saat ini akan meningkat secara signifikan dengan menambahkan produk baru yang tidak terkait.
  2. Organisasi bersaing dalam industri yang sangat kompetitif atau tidak bertumbuh, seperti yang ditunjukkan oleh margin dan pengembalian laba industri yang rendah
  3. Saluran distribusi organisasi saat ini dapat digunakan untuk memasarkan produk baru ke pelanggan saat ini
  4. Produk baru memiliki pola penjualan berlawanan dengan produk yang ada di organisasi
  5. Industri dasar organisasi mengalami penurunan penjualan dan laba tahunan.
  6. Suatu organisasi memiliki modal dan bakat manajerial yang dibutuhkan untuk bersaing dengan sukses dalam industri baru
  7. Suatu organisasi memiliki peluang untuk membeli bisnis yang tidak terkait yang menarik peluang investasi
  8. Ada sinergi keuangan antara perusahaan yang diakuisisi dan yang mengakuisisi. (Perhatikan bahwa perbedaan utama antara diversifikasi terkait dan tidak terkait adalah bahwa yang pertama harus didasarkan pada beberapa kesamaan di pasar, produk, atau teknologi, sedangkan yang terakhir lebih didasarkan pada pertimbangan laba)
  9. Pasar yang ada untuk produk saat ini organisasi jenuh.
  10. Tindakan antitrust dapat dituntut terhadap organisasi yang secara historis terkonsentrasi pada satu industri.

Dikutip dari

David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic management: Concepts and cases: A Competitive Advantage Approach, Pearson Education Limited

Dicky Hida Syahchari,ST,MM,PhD