Fantastisnya E-commerce Indonesia

Oleh : Tasya Riuna

pada zaman globalisasi, teknologi sudah semakin canggih. Bahkan mulai hampir seluruh kehidupan kita melibatkan teknologi yang berbasis internet. Internet sangat memudahkan kehidupan kita saat ini, dimana

internet membuat segalanya menjadi lebih mudah, dan dengan internet pun dunia menjadi seakan-akan diperkecil olehnya. Dengan dunia yang sudah semakin canggih, lahirlah sebuah macam bisnis baru yaitu E-commerce. E-commerce merupakan suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan komputer sebagai perantara transaksi bisnis.

E-commerce merupakan bisnis yang sangat menggiurkan masyaraka. Mereka tidak perlu susah-susah untuk belanja keluar rumah lagi, karena dengan e- commerce kita dapat belanja dengan mudah hanya melalui gadget yang kita miliki. Dengan e- commerce kita juga akan memperoleh keuntungan yang fantastis. Kita dapat memperluas pangsa pasar, menurunkan biaya operasional, memperluas jangkauan bisnis, dapat meningkatkan kesetiaan para pelanggan, dan memperpendek waktu produksi.

Pada awalnya e-commerce sangat ngetren di luar negeri, tetapi seiring berjalannya waktu dan karena Indonesia merupakan pengguna internet terbesar, sekarang e-commerce sudah mulai meningkat pertumbuhannya di Indonesia. Bank Indonesia mencatat sepanjang 2015, nilai transaksi di e-commerce Indonesia mencapai 3,5 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau setara engan Rp 45,50 triliun (asumsi rupiah Rp 13.000 per dollar AS) (dikutip dari kompas.com, 2016). Dengan hal tersebut pemerintah menjadi sangat yakin dengan e- commerce dan pemerintah akan menetapkan aturan-aturan untuk e-commerce di Indonesia.

Agus Tjandra, Vice Chairman & Foreign Relation Asosiasi E-commerce Indonesia (dalam tribunnews.com, 2017) mengatakan bahwa pertumbuhan e-commerce sangat luar biasa. Diiringi pula peningkatan pembayaran dengane-money dimana penggunaan kartu kredit untuk belanja meningkat 50 persen disbanding lima tahun lalu. Sisanya masih menggunakan transfer antar bank.

E-commerce juga membuat anak muda Indonesia menjadi lebih kreatif dalam pengembangan bisnisnya. Dengan e-commerce, anak muda ditantang untuk selalu berpikir memunculkan inovasi-inovasi produk yang bahkan belum pernah ada dalam dunia bisnis. Tidak hanya pandai bermain internet dan social media saja, dengan adanya e-commerce membuat anak muda Indonesia mulai berlomba-lomba membawa nama baik Indonesia ke dunia luar melalui e- commerce. Dengan hal tersebut, pemerintah menjadi semakin yakin bahwa nantinya Indonesia akan menjadi Negara yang memiliki kapasitas digital ekonomi terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020.

Sumber :

https://www.google.co.id/amp/s/app.kompas.com/amp/bisniskeuangan/read/2016/12/23/070 000726/karpet.merah.bisnis.e-commerce.

http://m.tribunnews.com/bisnis/2017/02/20/transaksi-e-commerce-di-indonesia-pada-2016- mencapai-489-miliar-dolar-as

https://buattokoonline.id/data-statistik-mengenai-pertumbuhan-pangsa-pasar-e-commerce-di- indonesia-saat-ini/

 

Angtyasti Jiwasiddi