Dapatkan Hal yang Lebih Banyak dari Hotel Anda Saat Bepergian untuk Bekerja

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Perjalanan bisnis sangat menegangkan, tapi menginap di hotel Anda jangan sampai terjadi. Hotel memiliki banyak layanan bermanfaat yang tidak disukai sebagian besar tamu. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin dilakukan di hotel, jika Anda bertanya:

  • Tawarkan charger smartphone atau laptop jika Anda lupa membawa baterai Anda.
  • Berikan pilihan makan awal atau akhir untuk pertemuan klien.
  • Pinjamankan pakaian olahraga Anda jika Anda tidak dapat menyesuaikan diri dengan pekerjaan Anda.
  • Pasokan pengering rambut yang lebih baik.
  • Buatlah ruangan yang sunyi tersedia untuk rapat. (Kejutan: Restoran bukan satu-satunya pilihan Anda.).
  • Kirimkan tikar yoga ke kamar Anda jika Anda tidak ingin berurusan dengan gym.
  • Habiskan biaya Wi-Fi dan sarapan pagi.

Beberapa hotel memiliki lebih banyak fasilitas dan layanan yang lebih baik daripada yang lain, tentunya. Tapi nilai inti industri adalah hubungan, pelayanan, dan timbal balik. Bermainlah dengan nilai-nilai itu, dan perjalanan bisnis bisa menjadi – jika bukan kesenangan – jauh lebih tidak stres.

Diadaptasi dari  “How Smart Business Travelers Get More from Hotels,” by Edward Mady

 

Sumber: Mady, E. (2016). How Smart Business Travelers Get More from Hotels. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/01/how-smart-business-travelers-get-more-from-hotels?cm_mmc=email-_-newsletter-_-management_tip-_-tip_date&referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=14288855&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=761565180&spReportId=NzYxNTY1MTgwS0.   Retrieved on April 22, 2016.

Nugroho J Setiadi, PhD