Menangani Ketidaksesuaian Kerja, Tidak Melakukan apa-apa
Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD
Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116
Beberapa orang mungkin mengatakan kepada Anda bahwa satu-satunya cara untuk mengelola ketidaksepakatan kerja adalah dengan meluruskan segala sesuatunya dengan segera. Tapi itu tidak selalu benar. Terkadang, pilihan terbaik Anda adalah tidak melakukan apapun – biarkan komentar pergi atau berlalu begitu saja. Tidak melakukan apa pun bukanlah cop-out. Sebenarnya, kita melakukannya setiap saat tanpa menyadarinya. Ini adalah pilihan cerdas jika Anda tidak memiliki energi untuk diinvestasikan dalam mempersiapkan atau mengalami percakapan yang sulit, atau jika Anda menduga orang lain mungkin tidak mau melakukan diskusi yang konstruktif. Membiarkan masalah berlanjut akan menjaga hubungan tetap terjaga. Tapi pendekatan ini tidak akan berhasil jika Anda menghentikan perselisihan, membuat Anda lebih mungkin mengalami ledakan nanti, atau jika Anda mulai bertindak pasif-agresif terhadap rekan Anda. Jangan lakukan apa-apa jika Anda bisa menempatkan konflik di belakang Anda.
Diadaptasi dari the HBR Guide to Dealing with Conflict, by Amy Gallo
Sumber: Gallo, A. (2017). The HBR Guide to Dealing with Conflict. Harvard Business Review. USA: HBR Ebook.