WORKSHOP USES

PENGGUNAAN LOKAKARYA

Lokakarya berbasis model membantu mewujudkan nilai bisnis pemodelan. . Lokakarya yang Anda fasilitasi adalah lokakarya untuk menganalisis masalah dan mengevaluasi solusi yang mungkin. Lokakarya berbasis model dapat digunakan untuk mempresentasikan model yang sudah dibuat. Dalam hal ini model digunakan untuk komunikasi. Model yang sudah dibuat disajikan kepada ahli materi pelajaran untuk validasi atau pengambil keputusan untuk memberikan bahan pendukung dalam proses pengambilan keputusan mereka. Lokakarya berbasis model dapat digunakan untuk pelatihan dan pembelajaran. Misalnya, karyawan dapat dilatih tentang proses bisnis baru dengan mengerjakan proses tersebut dalam lokakarya berbasis model. Atau lokakarya dapat digunakan untuk memastikan kepatuhan terhadap kebijakan dan pedoman.

Lokakarya juga digunakan untuk persuasi dan penjualan. Bahkan, Anda bekerja dengan vendor pager untuk merancang bengkel ini. Bagi Anda lokakarya adalah tentang menganalisis masalah, tetapi bagi mereka ini tentang menjual sistem pager. Jika lokakarya menghasilkan akuisisi sistem pager, sistem tersebut harus terintegrasi dengan TI lain di Mykonos. Model yang dibuat dalam lokakarya dapat digunakan untuk memahami bagaimana karyawan melakukan pekerjaan mereka dan bagaimana mereka akan menggunakan sistem ini. Skenario penggunaan dapat digunakan sebagai persyaratan untuk pengembangan sistem. Lokakarya dapat menangkap kekayaan intelektual untuk digunakan di tempat lain di Mykonos: manajemen pengetahuan dan penggunaan kembali. Misalnya, Anda dapat menjalankan lokakarya berbasis model dengan server Anda yang paling terampil tentang cara meningkatkan penjualan anggur. Jika Anda menangkap informasi tentang cara server terbaik melakukan ini, Anda dapat melatih server baru untuk menggunakan metode yang sama. Manajemen pengetahuan sangat penting bagi perusahaan yang menghadapi “perubahan besar kru”, ketika banyak karyawan yang lebih tua akan pensiun. Model yang dibuat dalam lokakarya memastikan bahwa pengetahuan warisan tidak hilang selamanya. Lokakarya berbasis model mendukung tujuh dari delapan tujuan pemodelan standar. Tetapi lokakarya berbasis model juga memberikan manfaat lain. Lokakarya berbasis model adalah lokakarya yang difasilitasi, dan semua lokakarya yang difasilitasi dengan baik mendorong kolaborasi. Karyawan dari kelompok yang berbeda—dari berbagai restoran dan kantor pusat perusahaan—bekerja bersama di bengkel. Mereka bertukar ide dan membuat model. Mereka belajar dari satu sama lain

Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)

Dicky Hida Syahchari