WHY MODEL BUSINESS ORGANIZATIONS?

Untuk lebih memahami mengapa kita ingin membuat model organisasi bisnis, mari pertimbangkan delapan tujuan pemodelan bisnis, pertama kali diidentifikasi di Bab 1. Dari delapan ini, model organisasi bisnis dapat mencapai empat tujuan: komunikasi, pelatihan dan pembelajaran, persuasi dan penjualan, dan analisis. Saat Anda kembali dari kunjungan eksplorasi Anda ke Cora Group dan melapor ke manajemen Mykonos, model organisasi membantu Anda mengomunikasikan apa yang dilakukan organisasi Cora Group dan bagaimana melakukannya. Model organisasi juga berguna untuk mengkomunikasikan perubahan. Setelah reorganisasi perusahaan, Anda menggunakan model organisasi untuk menunjukkan perubahan dalam struktur dan pelaporan. Anda juga menunjukkan bagaimana interaksi telah berubah antara grup di dalam perusahaan dan dengan mitra bisnis di luar perusahaan. Perusahaan melakukan proyek. Saat melakukan proyek, model organisasi membantu mengomunikasikan ruang lingkup proyek. Beberapa organisasi dalam model organisasi berada dalam ruang lingkup proyek dan beberapa di luar ruang lingkup. Kami menggunakan model organisasi untuk mencapai konsensus di antara pemangku kepentingan proyek tentang apa yang masuk dan apa yang keluar. Dengan memasukkan beberapa organisasi, beberapa peran, dan beberapa asosiasi dalam model dan mengabaikan yang lain, kami mencapai kesepakatan tentang apa yang harus dicoba dalam proyek.

Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)

 

Dicky Hida Syahchari