Training and learning in generating the value of business models

Orang belajar dengan dua cara. Mereka belajar dari pengalaman mereka sendiri, melalui trial and error, dan mereka belajar dari pengalaman orang lain, melalui percakapan, buku, atau materi kelas. Belajar dari pengalaman orang lain tentu saja lebih murah, lebih cepat, dan tidak terlalu berisiko. Kita membiarkan orang lain membuat kesalahan daripada membuat kesalahan kita sendiri. Model bisnis adalah salah satu cara belajar dari pengalaman orang lain.

Pertama, model dibangun dari pengetahuan ahli tentang aturan bisnis atau proses bisnis. Kemudian banyak pemula dapat mempelajari model untuk mempelajari apa yang diketahui oleh pakar. Model bisnis sangat berguna dalam pelatihan. Model bisnis didefinisikan secara ketat, sehingga semua pemula yang mempelajari model lebih cenderung mempelajari hal yang sama. Ada sedikit perbedaan interpretasi di antara para pemula yang mempelajari materi yang dimodelkan. Ada alasan lain model bisnis berguna dalam situasi pelatihan.

Model bisnis mengomunikasikan jenis pengetahuan yang berbeda, pengetahuan tentang cara yang sulit untuk dikomunikasikan dengan cara lain. Model proses bisnis secara alami mengomunikasikan detail tugas demi tugas tentang bagaimana pekerjaan dilakukan

Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)

Dicky Hida Syahchari