THE TIMING OF MODEL-BASED WORKSHOPS

WAKTU LOKAKARYA BERBASIS MODEL

Sebuah proyek dapat dipahami memiliki dua fase alami. Sebuah proyek dimulai dengan fase konsepsi dan diimplementasikan selama fase realisasi. Dalam konsepsi, proyek dievaluasi dan direncanakan. Dalam realisasinya, proyek dimulai, dilakukan, dan diakhiri. Tentu saja, proyek nyata diimplementasikan sedikit di awal, saat proyek disusun, dan rencanakan (atau rencanakan ulang) sedikit kemudian, saat proyek direalisasikan. Proyek seringkali berantakan, tidak sesuai dengan pemisahan yang rapi antara konsepsi dan realisasi. Lokakarya berbasis model dapat mendukung konsepsi atau realisasi. Lokakarya berbasis model dapat dilakukan selama konsepsi, untuk mengevaluasi peluang. Tujuan lokakarya ini adalah untuk memahami peluang—persyaratan untuk proyek dan cara terbaik untuk memenuhi persyaratan tersebut. Jika proyek itu sendiri melibatkan pemodelan bisnis) untuk menentukan apakah upaya pemodelan harus dilanjutkan. Terkadang vendor atau konsultan luar mengusulkan untuk melakukan proyek untuk klien. Ketika ada hubungan seperti vendor/klien, vendor sering melakukan lokakarya berbasis model selama konsepsi proyek, baik secara gratis atau dengan biaya nominal. Untuk klien, lokakarya membantu mengevaluasi proyek yang diusulkan. Kepada vendor, bengkel membantu menjual proyek; lokakarya ini adalah bagian dari upaya penjualan. Dalam situasi ini, perhatian harus diberikan untuk memastikan bahwa lokakarya menghormati tujuan klien. Jika lokakarya tidak dilakukan secara objektif dan berintegritas tinggi, klien mungkin tidak menyadari nilai dari lokakarya

Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)

Dicky Hida Syahchari