Technology Alignment Workshop

Lokakarya Penyelarasan Teknologi

Semua perusahaan perlu memastikan inisiatif teknologi mereka memenuhi kebutuhan bisnis. Dalam lokakarya penyelarasan, peserta mengeksplorasi tujuan dan strategi bisnis mereka dan inisiatif teknologi yang direncanakan dan melihat inisiatif mana yang mencapai tujuan dan strategi mana. Organisasi kecil biasanya memiliki satu inisiatif teknologi, atau paling banyak beberapa. Organisasi besar memiliki banyak yang beroperasi secara bersamaan. Sebuah organisasi besar akan memiliki ratusan inisiatif.
Memilih inisiatif yang tepat adalah penting. Apa inisiatif yang tepat? Inisiatif yang tepat adalah inisiatif yang paling sesuai dengan tujuan dan strategi bisnis.
Dalam lokakarya keselarasan, para peserta menggali motivasi bisnis mereka, masalah mereka dan tujuan mereka. Kemudian mereka mengeksplorasi inisiatif teknologi yang sedang berjalan dan yang direncanakan. Untuk setiap inisiatif, mereka mempertimbangkan tujuan dan strategi apa yang dituju oleh inisiatif tersebut. Seringkali inisiatif dinilai dan diberi peringkat. Inisiatif dinilai untuk cakupan tujuan dan strategi, untuk risiko, untuk biaya, untuk durasi, dan untuk kesulitan. Kemudian mereka diberi peringkat, dari inisiatif yang paling penting dan berharga hingga yang paling tidak penting dan paling tidak berharga. Lokakarya keselarasan mengekspos ketidaksesuaian antara tujuan dan masalah organisasi dan proyek teknologinya. Peserta akan menemukan beberapa proyek yang sudah mereka jalankan yang tidak mencapai tujuan atau menyelesaikan masalah apa pun. Mereka juga menemukan tujuan dan masalah yang perlu mereka atasi yang proyeknya tidak mereka rencanakan. Terkadang inisiatif teknologi ditemukan memiliki cakupan yang tidak menguntungkan. Misalnya, pertimbangkan sebuah inisiatif yang dimaksudkan untuk memenuhi tujuan jangka pendek, tetapi cakupannya akan selesai setelah tujuan tidak lagi relevan. Inisiatif ini tidak berguna karena cakupannya; itu perlu dicakup kembali atau dibatalkan.

Dicky Hida Syahchari