Solution Rollout Workshop
Lokakarya Peluncuran Solusi
Terkadang tantangan bisnis adalah meluncurkan solusi di seluruh organisasi besar. Tantangan ini diatasi dengan lokakarya peluncuran solusi. Kami perlu mengomunikasikan proses bisnis baru kepada manajer umum masing-masing restoran sehingga mereka dapat melatih staf. Kami juga membuat interaksi bisnis dan model organisasi untuk menunjukkan bagaimana sistem pager akan didukung. Manajer umum perlu mengetahui siapa yang harus dihubungi ketika sistem pager tidak berfungsi. Departemen TI perusahaan perlu mengetahui cara mendukung pager dan proses apa yang digunakan untuk menyediakan dukungan itu. Corporate IT juga perlu memahami kapan harus berinteraksi dengan vendor pager dan bagaimana interaksi itu bekerja. Pengembang atau integrator solusi mendapat manfaat dari model yang dibuat di bengkel. Dengan mempelajari model, mereka dapat memahami bagaimana karyawan akan melakukan pekerjaan mereka dan bagaimana mereka akan menggunakan sistem. Skenario penggunaan menjadi persyaratan untuk pengembangan dan penyebaran sistem. Mykonos Finance tertarik untuk memahami dampaknya terhadap organisasi. Bagaimana produk akan didukung? Siapa yang memelihara dan mengoperasikannya? Apa dampaknya terhadap sumber daya dan staf? Struktur rincian kerja terkait merinci rangkaian aktivitas yang harus dilakukan untuk melakukan peluncuran. Bersama dengan aturan bisnis, organisasi dapat memastikan bahwa rencana anggaran dibuat untuk akuntansi dan bahwa dokumen hukum, lisensi, dan kontrak ditetapkan oleh departemen hukum dan pengadaan. Peluncuran yang lancar bergantung pada banyak departemen dalam suatu organisasi dan pada serangkaian aktivitas yang diatur dengan baik.
Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)