SIMULATION

SIMULASI

Terkadang sulit untuk memahami implikasi dari model bisnis, khususnya model bisnis yang kompleks dan model yang memiliki banyak elemen yang saling berinteraksi. Simulasi adalah teknik menjalankan model untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam. Banyak alat pemodelan bisnis mendukung simulasi. Sebuah model yang mensimulasikan lebih berguna daripada yang tidak. Dua puluh tahun yang lalu simulasi komputer adalah topik misterius, dipahami dan dialami oleh hanya beberapa spesialis. Hal-hal telah berubah.

Munculnya video game simulasi pasar massal seperti SimCity™, The Sims™, Zoo Tycoon™, dan banyak lainnya telah mengubah pemahaman publik tentang simulasi, yang awalnya bersifat misterius menjadi biasa. Setiap remaja—dan setiap orang tua dari seorang remaja—telah mencoba menjadi walikota simulasi kota, mengelola keluarga simulasi, atau membuat dan mengelola kebun binatang simulasi. Simulasi itu menghibur, dan permainan simulasi adalah bagian yang berkembang dari industri hiburan modern. Tujuan dari SimCity adalah untuk menciptakan sebuah kota. Seorang pemain dapat membuat jalan dan rel, menempatkan kantor polisi, membangun jaringan listrik, dan membuat zona real estat sebagai perumahan, komersial, atau industri. Sebagai hasil dari tindakannya, kota menjadi makmur atau menurun, kejahatan naik atau turun, orang-orang yang disimulasikan hidup, berbelanja, bepergian, dan bekerja, dan sebagainya.

Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)

Berkat game simulasi, banyak orang yang akrab dengan simulasi. Tapi apa sebenarnya simulasi itu? Pertama, simulasi didasarkan pada model. Dalam SimCity adalah model kota: rumah, lingkungan, jalan, kereta api, taman, dan mal dan interaksi orang-orang yang tinggal di rumah-rumah itu, bepergian di jalan dan kereta api itu, bermain di taman itu, dan berbelanja di mal itu. Kedua, simulasi menunjukkan bagaimana model berperilaku dari waktu ke waktu. Hal-hal terjadi di SimCity dari waktu ke waktu: rumah dibangun, jalan yang ada menjadi padat, kejahatan dilakukan, dan lingkungan meningkat atau merosot dalam keburukan. Perubahan ini tidak ditulis; penurunan lingkungan di SimCity tidak ditentukan sebelumnya oleh aplikasi. Sebaliknya, hal-hal terjadi seperti yang mereka lakukan karena interaksi bertahap dari semua elemen model kota dari waktu ke waktu. Distrik terdekat terisi dan orang-orang mulai bepergian melalui lingkungan itu, yang menyebabkan lebih banyak lalu lintas di jalanan. Lingkungan menjadi kurang diinginkan karena semua lalu lintas baru. Beberapa kejahatan terjadi, dan kantor polisi setempat agak terlalu jauh untuk ditanggapi. Kemudian lebih banyak kejahatan dilakukan. SimCity adalah simulasi yang dapat dimainkan. Sebagai walikota, Anda mengelola kota. Anda membuka kantor polisi baru, mengubah zona lingkungan, membuat taman, dan mengubah tarif pajak. Tergantung pada tindakan Anda dari waktu ke waktu, berbagai perilaku dapat dihasilkan: kejahatan dapat meningkat atau menurun, warga dapat makmur atau melarat, dan mereka dapat mengendarai mobil atau naik kereta bawah tanah.

Beberapa simulasi bisnis juga dapat dimainkan, seperti SimCity. Seorang pemain dapat mengarahkan bisnisnya dari waktu ke waktu, mengubah harga, meningkatkan desain produk, atau mengembangkan produk baru. Biasanya simulasi ini dimainkan baik sebagai bagian dari kursus pelatihan perusahaan atau untuk memberi pemain wawasan tentang lingkungan strategis baru. Tetapi kebanyakan simulasi bisnis tidak dapat dimainkan. Mereka disimulasikan murni untuk memahami hasil perilaku dari proses baru atau lingkungan strategis. Simulasi menjadi metode analisis lainnya.

Biasanya banyak simulasi yang berbeda akan dibuat dari simulasi yang tidak dapat dimainkan, untuk mengeksplorasi ruang kemungkinan, dan hasilnya akan diringkas dalam grafik atau statistik

Dicky Hida Syahchari