MODEL VALIDITY

Fidelity adalah salah satu ukuran seberapa salah sebuah model. Validitas adalah jenis ukuran kesalahan model yang sangat berbeda. Suatu model dikatakan valid jika memenuhi semua batasan, dan sebaliknya tidak valid. Bagan organisasi adalah jenis model bisnis yang sederhana dan familiar.

Validitas itu benar atau salah. Entah model memenuhi kendala atau tidak. Tidak ada jalan tengah. Validitas sangat berbeda dari kesetiaan dalam hal ini. Fidelity adalah tentang nuansa abu-abu. Sebuah model dapat menjadi semacam refleksi akurat dari realitas (untuk tujuannya), dan model kesetiaan yang lebih tinggi lainnya bisa lebih akurat. Validitas adalah properti dari model itu sendiri. Apakah model memenuhi kendala? Maka itu adalah model yang valid. Fidelity adalah tentang bagaimana model berhubungan dengan dunia yang dimodelkan. Apakah model tersebut merupakan cerminan akurat dari dunia nyata? Maka itu adalah kesetiaan yang tinggi. Semua model memiliki dua kualitas ini: validitas dan kesetiaan.

Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)

Dicky Hida Syahchari