Persuasion and selling in generating the value of business models
Dalam bisnis, persuasi ada di mana-mana. Ketika kita menjual produk kepada pelanggan, kita sedang membujuk.
Ketika kita mengajukan inisiatif baru kepada manajemen kita , kita sedang membujuk. Ketika kita meyakinkan karyawan untuk menerima perubahan proses bisnis, kita sedang membujuk. Persuasi adalah komunikasi, tentu saja, tetapi itu adalah komunikasi untuk mencapai tujuan: meyakinkan seseorang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan kita, organisasi kita, atau diri mereka sendiri. Model bisnis berguna untuk persuasi. Saat Anda menggunakan model bisnis dalam promosi, Anda terlihat seperti seorang ahli. Anda mungkin benar-benar ahli dalam topik tersebut dan pantas mendapatkan pengakuan itu. Atau mungkin model tersebut dibuat oleh seorang rekan kerja, dan model tersebut membantu Anda menyampaikan keahlian perusahaan Anda. Dalam kedua kasus tersebut, model bisnis memberikan kredibilitas pada Anda dan kredibilitas kepada orang-orang yang Anda coba bujuk.
Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)