Modeling Fundamentals

Model selalu salah dalam beberapa hal, dan mereka selalu tidak lengkap, kehilangan bagian dari kompleksitas manusia yang berantakan di dunia nyata. Tetapi model dapat berguna untuk komunikasi, analisis, dan tujuan lainnya.
Ini menjelaskan bagaimana model itu salah dan mengapa mereka berguna dan memperkenalkan empat disiplin model bisnis yang dijelaskan secara lebih rinci dalam bab-bab berikutnya.

Ada banyak model yang dijelaskan, dan semuanya salah. . Menjadi salah adalah bagian dari sifat seorang model. Dunia yang kita modelkan jauh lebih kaya, jauh lebih kompleks, dan jauh lebih aneh daripada model yang kita bangun darinya. Jika Anda adalah tipe orang yang selalu ingin benar dan tidak pernah ingin salah, Anda harus menutup buku ini dan melanjutkan usaha lainnya. Pemodelan bukan untuk Anda.

Ahli statistik perintis George E. P. Box mengatakan yang terbaik: “Semua model salah. Beberapa model berguna.”1 Kadang-kadang orang mendiskusikan apakah suatu model benar atau salah, tetapi diskusi itu tidak ada gunanya karena semua model salah. Sebaliknya orang harus mendiskusikan apakah model itu berguna.

Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)

Dicky Hida Syahchari