Direct Execution in Software Engines in generating the value of business models

Peta dapat digunakan oleh orang-orang untuk membuat keputusan atau oleh perangkat lunak untuk membuat keputusan. Model bisnis juga bisa bekerja seperti itu. Sebuah model bisnis dapat digunakan oleh orang-orang untuk membuat keputusan, seperti dalam contoh-contoh yang telah kita jelajahi sejauh ini. Atau model bisnis dapat digunakan oleh perangkat lunak untuk membuat keputusan.

Proses penggantian biaya, sebuah proses di mana karyawan mendapatkan penggantian biaya yang mereka keluarkan atas nama majikan mereka. Proses ini dapat langsung dijalankan (oleh mesin perangkat lunak yang sesuai) sehingga ketika seorang karyawan mengklaim pengeluaran, pengeluaran tersebut secara otomatis dialihkan ke individu yang tepat untuk persetujuan dan akhirnya untuk pembayaran.

Keuntungan dari eksekusi langsung adalah bahwa prosesnya dapat diubah—misalnya, untuk mengarahkan pengeluaran lebih dari $1000 ke wakil presiden senior untuk persetujuan tambahan. Perubahan tersebut kemudian secara otomatis dijalankan oleh mesin. Tidak ada perangkat lunak yang perlu diubah; model bisnis saja.

Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)

Dicky Hida Syahchari