MODEL ANALYSIS

ANALISIS MODEL

Model bisnis sering dianalisis untuk mempelajari model dan (lebih penting) untuk mempelajari bisnis yang dimodelkan. Mari kita pertimbangkan satu jenis analisis: memeriksa aturan bisnis yang tidak mendukung tujuan apa pun atau tidak dirumuskan berdasarkan strategi apa pun.

Untuk analisis contoh ini, pertimbangkan tujuan sebagai apa yang ingin dicapai bisnis, strategi sebagai cara bisnis berusaha mencapai tujuannya, dan aturan bisnis sebagai arahan bisnis individu.) Aturan bisnis apa pun yang tidak memiliki hubungan dengan tujuan atau strategi layak pandangan kedua. Apakah perlu ada, atau bisa dicabut? Apakah ada tujuan atau strategi yang belum dimodelkan yang akan membenarkan aturan ini? Misalnya, salah satu aturan bisnis 4 Portia adalah: Dilarang melakukan reservasi lebih dari 7 hari sebelumnya. Analisis kami menemukan bahwa aturan ini tidak dibenarkan oleh tujuan atau strategi Portia mana pun. Sekarang harus menyelidiki apakah aturan ini masuk akal. Apakah ada alasan yang tidak jelas untuk aturan ini—mungkin tidak ada cukup orang untuk menjawab panggilan telepon reservasi sehingga kami ingin mengurangi jumlah panggilan? Atau mungkin staf Portia memberlakukan pembatasan ini tanpa alasan yang jelas, hanya karena mereka selalu melakukannya

Mempertanyakan aturan bisnis yang tidak dapat dibenarkan hanyalah salah satu metode analisis— salah satu dari banyak. Sama seperti satu set kunci pas soket yang memiliki soket dengan berbagai ukuran, alat pemodelan bisnis sering kali memiliki dukungan bawaan untuk banyak metode analisis.

Beberapa alat bahkan memungkinkan pemodel untuk membuat metode analisisnya sendiri, untuk menggabungkan elemen model dengan cara baru untuk mendapatkan jenis metrik baru, atau untuk mencari elemen model dengan karakteristik tertentu.

Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)

 

Dicky Hida Syahchari