Business Simulation
Beberapa model bisnis dapat disimulasikan. Model proses bisnis dapat disimulasikan untuk menentukan biaya, waktu siklus, dan hasil proses lainnya. Model motivasi bisnis dapat disimulasikan untuk menentukan hasil strategi dan tren. Dalam kedua kasus, simulasi berguna untuk pelatihan, persuasi, dan analisis. Simulasi juga berguna untuk validasi model—untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan dalam model. Setelah akuisisi yang sukses dari Grup Cora, tim manajemen Anda di Mykonos mempercayakan Anda dengan tanggung jawab baru: meningkatkan kepuasan pelanggan di semua restoran Mykonos. Secara tradisional manajemen Mykonos telah memikirkan kepuasan pelanggan dalam hal kualitas hidangan yang disiapkan, dan bagian dari pekerjaan baru Anda adalah memantau kualitas dengan berkeliling negara dan bersantap di restoran Mykonos. Tetapi Anda yakin bahwa kepuasan pelanggan di restoran mencerminkan masalah lain juga—masalah yang di masa lalu telah diabaikan oleh manajemen pusat Mykonos. Anda bermaksud menggunakan tanggung jawab baru Anda untuk mempertimbangkan kepuasan pelanggan secara lebih luas. Secara khusus Anda ingin melihat waktu tunggu pelanggan dan dampak menunggu terhadap kepuasan. Di beberapa restoran Mykonos yang lebih populer, pelanggan menunggu. Mereka menunggu meja tersedia. Mereka menunggu air, anggur, dan roti. Mereka menunggu pelayan untuk mengambil pesanan mereka. Mereka menunggu makanan mereka, dan mereka menunggu tagihan mereka. Anda khawatir bahwa semua penantian ini membuat pelanggan tidak puas dan merusak kesuksesan restoran ini. Dan Anda menduga bahwa beberapa perubahan kebijakan sederhana dapat mengurangi waktu menunggu dan membuat restoran lebih sukses. Tetapi fokus Anda untuk menunggu hanyalah firasat, berdasarkan pengalaman Anda dalam bisnis restoran. Anda tidak yakin Anda benar. Dan bahkan jika Anda yakin, Anda menghadapi tantangan komunikasi dan persuasi yang besar. Manajer umum dari masing-masing restoran memiliki banyak kebebasan. Masing-masing menetapkan kebijakan untuk restorannya. Anda tidak yakin bagaimana Anda dapat meyakinkan mereka untuk mengambil tindakan dan mengurangi waktu tunggu pelanggan.
Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)