Business Rule Models
Aturan bisnis membentuk perilaku bisnis dan memandu perilaku karyawan bisnis. Aturan bisnis menjelaskan apa yang diperbolehkan dan apa yang tidak diperbolehkan. Model aturan bisnis juga menjelaskan konsekuensi pelanggaran: apa yang terjadi ketika aturan dilanggar. Bab ini menjelaskan model aturan bisnis. Terkadang pelanggan di restoran Mykonos pergi sebelum mereka menyelesaikan makan malam mereka. Mungkin ada keadaan darurat di rumah, dan mereka harus pergi untuk mengurus keadaan darurat. Atau seseorang di pesta itu jatuh sakit saat mereka berada di restoran. Atau mereka tidak puas, tidak senang dengan penantian makan malam mereka, dan pergi sebelum makan malam mereka tiba. Ada banyak alasan sah bagi pesta restoran untuk pergi lebih awal. Ada juga satu alasan tidak sah: Seperti semua restoran, Mykonos kadang-kadang menderita dine-and-dash, suatu bentuk pencurian di mana pesta restoran pergi lebih awal tanpa membayar, secara efektif mencuri makanan restoran. Apa yang harus dilakukan server Mykonos jika salah satu partynya pergi lebih awal? Haruskah pesta harus membayar makan malam mereka? Bagaimana jika layanannya benar-benar buruk atau jika penantiannya benar-benar lama? Dan bagaimana Mykonos harus memisahkan pelanggan yang secara sah harus pergi lebih awal dari mereka yang akan makan-dan-lari? Ada masalah tambahan seputar pembayaran pelanggan. Mungkin pelanggan terkejut dengan besarnya tagihan mereka, dan mempertanyakan satu atau lebih tagihan. Server perlu menyelesaikan situasi, dan jika dia tidak bisa, manajer akan mencoba melakukannya
Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)