Aesthetics, Multiple Disciplines, and Validity Checking

Estetika, Berbagai Disiplin, dan Pemeriksaan Validitas

Sebagian besar alat mendukung pembuatan model yang menarik. Mereka memiliki palet fungsi menggambar yang biasa: warna dan bayangan, penyertaan file gambar, perataan dan distribusi, dan sebagainya. Mereka bukan aplikasi grafis profesional—tetapi mereka memiliki fungsionalitas dasar. Beberapa alat juga dapat mengatur ulang model agar lebih menarik—Beberapa alat yang ada mendukung disiplin pemodelan tunggal. Misalnya, ada banyak alat yang hanya mendukung pemodelan proses bisnis dan bukan tiga disiplin ilmu lainnya. Beberapa alat mendukung berbagai disiplin ilmu. Pelintas disiplin ini memiliki hak primitif untuk membuat model dari dua disiplin model bisnis, tiga disiplin, atau bahkan keempatnya, memungkinkan Anda untuk membuat model proses bisnis, model motivasi bisnis, model organisasi bisnis, dan model aturan bisnis.

Sebagian besar alat memeriksa validitas model. Pengecekan validitas dapat dilakukan dengan menyorot bagian-bagian yang tidak valid dari suatu model baik saat dibangun atau sebagai perintah yang dapat dijalankan untuk menemukan semua bagian yang tidak valid. Beberapa alat pemodelan sebenarnya mencegah pemodel membuat model yang tidak valid sama sekali

Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)

Dicky Hida Syahchari