ORGANISASI
Unit organisasi (atau lebih sederhananya, organisasi) adalah kumpulan orang yang bekerja sama menuju tujuan bersama. Sebuah organisasi memiliki batasan yang jelas. Beberapa orang adalah bagian dari Portia dan yang lainnya tidak. Sebuah organisasi biasanya memiliki struktur di dalamnya. Mykonos memiliki Mykonos Purchasing, Mykonos Finance, Mykonos Atlanta—untuk restoran di area metropolitan Atlanta—dan seterusnya. Suatu organisasi dapat menjadi bagian dari organisasi lain. Misalnya, sebelum diakuisisi, Portia adalah bagian dari Cora Group. Sebuah perusahaan induk perusahaan memberikan contoh lain yang baik dari organisasi yang merupakan bagian dari organisasi lain. Di dalam perusahaan induk, setiap perusahaan memiliki struktur manajemennya sendiri, sasaran kinerjanya sendiri, dan anggaran serta sumber dayanya sendiri. Tetapi semua perusahaan dalam perusahaan induk terhubung. Kinerja mereka mengalir ke perusahaan induk, dan tujuan mereka adalah bagian dari rencana yang lebih besar. Organisasi dapat berupa perusahaan komersial, nirlaba, atau lembaga pemerintah. Sebuah organisasi dapat menjadi sekelompok kecil orang dalam organisasi yang lebih besar. Sebuah organisasi bahkan bisa bersifat sementara. Tim proyek sementara adalah sebuah organisasi. Tim ada saat proyek dilakukan dan kemudian menghilang setelah proyek selesai.
Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)