Starting a Data-Automation Project at Mid-Sized Companies

Perusahaan menengah tidak dapat mengatasi setiap kesempatan. Anggaran dan tenaga kerja mereka dan operasi sehari-hari yang tidak akan memungkinkannya. Jadi perusahaan menengah harus mulai mengotomatisasi proses analisis data mereka dengan berfokus pada area di mana operasi kritis tidak efisien atau terlalu bergantung pada satu orang atau segelintir orang. Sebelum mengotomatisasi, HdL memiliki 15 orang yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka melakukan apa yang dilakukan algoritma hari ini.

HdL sudah melakukan pekerjaan data; banyak bisnis – printer, pemasok pipa ledeng, dan sebagainya – tidak. Tetapi perusahaan-perusahaan itu masih mengumpulkan data, dan mereka dapat memperoleh manfaat dengan menggunakannya secara strategis. Penting untuk memulai dengan dasar yang kuat. Berikut adalah tiga hal yang perlu dipertimbangkan para pemimpin ketika mulai mengotomatisasi analisis data.

Prioritaskan pembersihan. Data dalam bisnis menengah biasanya berantakan dan membutuhkan banyak merapikan sebelum dapat menjadi berguna. Aktivitas dasar lainnya adalah mengidentifikasi data mana yang penting dan kemudian menggosoknya. Ini bisa menjadi pekerjaan yang lambat pada awalnya, dan itu tidak murah, jadi temukan area di mana bisnis dapat mengambil pengembalian di tahun pertama. Itu akan mengubah skeptis menjadi orang percaya.

Pekerjakan orang yang tepat. Eksekutif bukan analis. Mereka tidak memiliki waktu, kesabaran, dan keterampilan untuk melakukan analisis data sebagai tambahan untuk tugas sehari-hari mereka. Analis bisnis adalah bagian programmer, bagian pengusaha. HdL dimulai dengan magang dan mempekerjakannya sebagai analis bisnis penuh waktu.

Siapkan data. Hanya ketika data Anda benar-benar siap, Anda dapat mulai berpikir tentang AI. AI menciptakan logikanya sendiri dari analisis pola yang ditemukannya dalam data. Meskipun AI dan pembelajaran mesin berguna dan menarik, kedua teknologi membutuhkan dataset besar untuk dilatih, dengan hasil positif dan negatif yang dikonfirmasi. Setelah pembersihan data yang cukup dan beberapa sapuan berbasis algoritma, sebagian besar perusahaan menengah akan memiliki dataset yang cukup besar dan berguna untuk melatih model AI.

Pemimpin perusahaan menengah benar untuk bersemangat tentang peluang untuk memanfaatkan nilai dalam dataset besar. Sekarang adalah waktu untuk memulai perjalanan multiyears ini dan berkomitmen untuk mempekerjakan bakat yang tepat sambil mengambil langkah-langkah tambahan untuk menghasilkan nilai dari otomatisasi data dan jenis analisis canggih lainnya.

Robert Sher – Automating Data Analysis Is a Must for Midsize Businesses – Harvard Business Review -October 18, 2021

Dicky Hida Syahchari