Priorities have shifted as a result of the pandemic.
Investasi di berbagai teknologi telah dipercepat karena pandemi, dengan tujuan mengatasi sejumlah bidang operasional, seperti cybersecurity, keterlibatan pelanggan, dan komunikasi. Tetapi pergeseran ke digitalisasi ini tidak selalu mencerminkan bagaimana perasaan para eksekutif tentang keadaan bisnis mereka sendiri.
Seperti tantangan lainnya, tingkat kematangan digital berbeda menurut industri. Ambil industri manufaktur, yang merupakan salah satu sektor terbesar di pasar menengah sekitar 17% dari semua perusahaan. Hampir 50% dari bisnis ini mengatakan mereka peduli dengan mengikuti teknologi yang tepat untuk bersaing. Ini memprihatinkan karena ini bukan hanya tentang manufaktur canggih dan kecerdasan buatan di pabrik – teknologi menyentuh semua aspek bisnis.
Sementara sebagian besar kekhawatiran yang terlihat di awal pandemi – ketidakpastian, kelangsungan operasi, modal kerja – sebagian besar telah mereda, keterlibatan pelanggan dan komunikasi karyawan tetap menjadi tantangan. Hampir sepertiga dari perusahaan menengah mengatakan mereka telah pindah secara permanen ke komunikasi digital secara internal, dengan 24% lainnya berencana untuk melakukannya dalam waktu dekat. Selain itu, 31% perusahaan telah menerapkan teknologi secara permanen untuk terlibat dengan pelanggan.
Banyak perusahaan pasar menengah juga ditantang oleh kendala sumber daya. Oleh karena itu, melakukan investasi serupa lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Ketika ditanya tentang hambatan, sebagian besar perusahaan merujuk masalah biaya dan anggaran yang terkait dengan teknologi baru. Pengeluaran TI pasar menengah difokuskan pada operasi sehari-hari bisnis dan cybersecurity, keduanya mewakili sekitar 11% dari total anggaran. Selain itu, perusahaan mencatat kurangnya waktu mengingat prioritas lain dan kurangnya sumber daya internal yang tepat untuk menerapkan teknologi ini secara efektif..
Reference: Doug Farren and Anil K. Makhija – The 5 Fronts of Digital Transformation in the Middle Market Harvard Business Review – October 19, 2021