Penggunaan Sosial Media pada Projek Manajemen

Dalam suatu projek, sebuah organisasi harus memiliki hubungan yang spesifik serta aturan dan prosedur yang bisa meningkatkan kemampuan suatu projek tersebut untuk mencapai kesuksesan. Konteks organisasi yang terpenting dan dimaksud adalah strategy, structure dan culture. Dalam manajemen strategi pasti akan berbicara tentang vision dan mission , berbicara tentang formulating , implementing dan evaluating, serta bagaimana membuat cross functional dari decision dan achieving objectives. Selain itu, dikenal dengan Stakeholder Management. Stakeholders merupakan seluruh individu dan kelompok yang memiliki peran aktif dalam projek dan memiliki potensi positif ataupun negatif. Stakeholders dibagi dua macam yaitu Internal dan External. Di samping itu, dalam struktur organisasi dibagi atas tiga jenis yaitu Functional Structure, Project Structure dan Matrix Structure. Ada juga beberapa faktor yang mempengaruhi culture seperti Technology, Environment, Rules and Procedures, Reward Systems dan lainnya. Di dalam Jurnal Forbes dijelaskan bahwa Komunikasi merupakan bagian utama dari Project Management. Komunikasi dapat dijadikan dorongan untuk seluruh proses ke depannya agar tidak berhenti bergerak. Dengan seiring perkembangan zaman, komunikasi menjadi berubah secara terus menerus. Maka dari itu, sebagai Project Manager memiliki tugas untuk selalu update tentang informasi terbaru dan mempelajarinya dari bagian komunikasi salah satunya Social

Media dengan tujuan agar komunikasi yang dijalankan dapat lancar di setiap anggota tim

Reference :

https://www.forbes.com/sites/forbesbusinesscouncil/2020/09/24/using-social-media-in-project-management/?sh=6a7ff69d3a35

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Patricia Angeline