6 Hal Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Project Manager

Project management adalah kegiatan untuk mengelola semua aspek / komponen project dari awal sampai akhir. Dalam sebuah perusahaan / organisasi, untuk menghadapi perubahan yang terjadi di pasar, penting untuk terus melakukan inovasi agar dapat berkembang untuk memenuhi kebutuhan dari customer dan mencapai tujuan perusahaan / organisasi. Inovasi-inovasi tersebut bisa diwujudkan melalui project-project inovatif, seperti halnya Tesla yang berinovasi untuk membuat mobil listrik dan untuk melengkapi ide ini, Tesla juga membangun pabrik aki mobil yang memiliki kapasitas yang lebih besar dibanding aki mobil biasa. Ide inovatif ini melibatkan ahli-ahli yang sesuai dengan bidangnya masing-masing. Sebelum melakukan perencanaan pelaksanaan project, organisasi / perusahaan perlu untuk menentukan dan menyesuaikan project tersebut dengan konteks organisasi perusahaan seperti strategi perusahaan, struktur organisasi perusahaan ataupun culture. Hal ini diperlukan agar, project yang dikerjakan dapat membantu tercapainya tujuan perusahaan. Dalam mengelola project, diperlukan seorang project manager untuk memastikan project dapat dikerjakan sesuai dengan rencana. Oleh karena itu, menurut artikel yang dikeluarkan forbes, ada beberapa hal yang harus dimiliki oleh seorang project manager, hal tersebut adalah:

Kemampuan untuk berorientasi pada gambaran besar atau kemampuan untuk melihat situasi secara menyeluruh – seorang project

  1. manager yang memiliki kemampuan ini mampu mengerti dengan jelas tujuan yang ingin dicapai dan bagaimana mengoordinasikan semua komponen project agar dapat bekerja sesuai dengan yang diharapkan.
  2. Kemampuan untuk menyeimbangkan orientasi dan komunikasi – seorang project manager harus dapat mengkomunikasikan dengan jelas tujuan / visi misi yang dicapai agar tim projectnya memiliki gambaran tentang apa yang harus dilakukan. Selain komunikasi, seorang project manager yang baik juga harus dapat bekerja secara detail / detail-oriented agar memastikan tidak ada yang terlewatkan.
  3. Memiliki kemampuan leadership yang baik – seorang project manager harus dapat berkomunikasi dengan baik kepada semua timnya dalam situasi apapun dan pada kepribadian yang berbeda-beda. Dengan memiliki communication skill yang baik dapat membantu timnya untuk menyusun rencana dengan efektif, melaksanakan project dengan efisien, serta mencegah kesalahpahaman di dalam tim.
  4. Memiliki mental yang kuat dalam menghadapi segala situasi – hal ini dikarenakan, dalam proses perealisasian project tersebut pasti ada hal-hal yang tidak berjalan sesuai dengan kehendak kita. Oleh karena itu, sebagai seorang project manager perlu untuk memiliki mental yang kuat agar dapat bersama-sama mencari solusi terbaik
  5. Tidak takut berkata “Tidak” – karena penting bagi seorang project manager untuk mengetahui kapan harus jujur di situasi tersebut sesuai dengan kapasitasnya agar dapat bekerja dengan lebih produktif
  6. Dapat mengambil keputusan dan membuat prioritas tersendiri – hal ini diperlukan ketika perusahaan membuat lebih dari 1 project dalam waktu yang sama /bersamaan, dan seorang project manager yang baik harus dapat mendorong timnya untuk dapat melakukan pekerjaan jobdesc / project lain.

Reference:

https://www.forbes.com/sites/forbesmarketplace/2021/04/30/6-things-to-look-for-in-a-project-manager/?sh=686b462b3e9d

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Anggraini Kumala Chandra