5 Proses dalam menyiapkan informasi pada manajemen stakeholder

Manajemen Strategis adalah serangkaian keputusan dan tindakan mendasar bikinan manajemen tertinggi yang diaplikasikan oleh semua anggota suatu oragnisasi demi terwujudnya tujuan organisasi. Manajemen puncak, tingkatan manajemen lainnya, dan bagian operasional memiliki peran masing-masing dalam menjalankan manajemen strategis. Semua komponen dalam perusahaan harus berpartisipasi dalam menyusun, menjalankan, dan mengontrol keputusan yang telah disepakati. Ada juga beberapa tujuan Manajemen Strategis yaitu :

  1. Memberikan arah jangka panjang perusahaan untuk tujuan yang bakal dicapai.
  2. Membantu perusahaan beradaptasi pada setiap perusahaan lainnya.
  3. Membuat kinerja perusahaan menjadi lebih meningkat.
  4. Mengaplikasikan dan mengevaluasi strategi yang disepakati dengan efektif dan efisien.
  5. Membuat strategi baru untuk menyesuikan dengan perkembangan lingkungan eksternal.

Manajemen Stakeholder merupakan suatu proses dan kontrol yang harus direncanakan dan menggunakan prinsip yang mendasar, hal ini bertujuan untuk mendapatkan tingkat komitmen dari para stakeholder yang akan mendukung tercapainya tujuan proyek atau bisnis. Ada 5 proses dalam menyiapkan informasi pada manajemen stakeholder yaitu :

  1. Stakeholder identifikasi
  2. Stakeholder analisis
  3. Stakeholder matrix
  4. Stakeholder engagement
  5. Mengkomunikasikan informasi

References :

https://www.ilmu-ekonomi-id.com/2016/09/pengertian-stakeholder-dan-prinsipnya.html

https://www.hestanto.web.id/manajemen-strategis/

 

 

 

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Romero Ignatius Wijaya