A Conversation With Two Men And A Truck Franchisee Bryan Gerstner And Ryder Bus

 

Abstrak

Perkembangan industri global saat ini menimbulkan persaingan yang cukup ketat. Banyak sekali perubahan yang terjadi di dunia bisnis di kesehariannya. Mulai dari sisi internal maupun eksternal seperti lingkungan dan situasi politik. Dimana dengan situasi seperti ini perusahaan harus memiliki tujuan yang matang untuk kedepannya. Disusul oleh maraknya pelaku bisnis baru, dengan pengelolaan manajemen yang baik. Contoh nyata pengembangan yang baik dimulai dari bagaimana pengelolaan manajemen sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan. Yaitu dengan memilih dan menyeleksi setiap kandidat untuk menempati divisi di perusahaan. Mulai dari latar belakang, hingga riwayat kesehatan dan motivasinya. Kemudian disusul oleh persaingan, produksi, hingga pemasaran dan networking yang terjadi baik dengan customer maupun dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Berdasarkan Untuk mempertahankan pasar maka perusahaan harus menganalisis dan mengetahui apa yang dibutuhkan, dan diinginkan oleh konsumen.

Summary

Business Development adalah penciptaan nilai atau value jangka panjang untuk organisasi yang dimulai dari pelanggan, pasar, dan relasi. Nilai jangka panjang disini dapat diartikan pula sebagai pendapatan, citra perusahaan, loyal konsumen dan tujuan lainnya dari si organisasi. Business development memiliki jobdesk yang beragam atau bahkan antar divisi. Seperti pada sales, dimana pada divisi ini BD akan bertugas untuk menilai kemampuan perusahaan dalam memasarkan produk pada klien terntentu. Kemudian pada  Strategic Initiatives or Partnership dimana BD akan menganalisa pro dan kontra dalam menentukan dengan siapa perusahaan akan bermitra. Seperti juga pada Business Planning, saat memikirkan tentang seberapa banyak fasilitas yang dibutuhkan suatu produk  agar bisa diimpor/ekspor. Maka BD lah yang akan memutuskan hal tersebut. Pada pemilihan vendor, seperti mendistribusikan produk maka team BD akan mempertimbangkan untuk memilih opsi seperti layanan antar yang membutuhkan kurir. Kemudian dalam hal negosiasi, networking juga lobby. Disini BD tentu harus memiliki keterampilan atau soft skill seperti itu guna menembus pasar. Business development juga harus memiliki strategi-strategi untuk meningkatkan laba perusahaan seperti pemotongam biaya internal. Sehingga dapat dikatakan bahwa jika seseorang ingin menjadi business development makai a harus memiliki keterampilan atau softskill yang baik serta pemikiran dan inovasi.

Reference: https://www.fastcompany.com/3049605/a-conversation-with-two-men-and-a-truck-franchisee-bryan-gerstner-and-ryder-bus?cid=search

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Syerina Agustin