Pentingnya Efisiensi SDM Dalam Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

shared by: Adnin Sheshian Al Mahdini (2440072282) and Nugroho J. Setiadi, PhD

LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/nugroho-j-setiadi-8b9b0116/
Google citation index: https://scholar.google.com/citations?user=7kvetHUAAAAJ#%21

Efisiensi SDM (Sumber Daya Manusia) merupakan tantangan di dalam perusahaan. Perusahaan harus bisa membangun kinerja dengan penggunaan waktu dan sumber daya yang efektif.  Efisiensi SDM, tidak hanya mengatur jumlah tenaga kerja di setiap posisi. Namun, efisiensi SDM juga tentang seluruh aspek usaha yang ada di dalam suatu usaha.

Dapat diasumsikan jika produktifitas sumber daya manusia pada suatu perusahaan tinggi, maka efisiensinya juga akan tinggi. Dapat dihitung juga dengan membandingkan antara input dan output. Namum, selain SDM banyak juga faktor yang bisa mempengaruhi produktivitas. Diantaranya yaitu : waktu dan biaya serta kondisi lingkungan. Karena kebanyakan faktor yang bersifat kualitatif, untuk bisa disederhanakan perhitungan rasio produktivitas, faktor tersebut biasanya diabaikan. Hanya faktor yang bersifat kuantitatif seperti waktu maupun biaya yang dijadikan pusat dalam menghitung produktivitasnya. Sehingga biasanya perhitungan produktivitas biasanya dilakukan secara parsial. Misalnya perhitungan produktivitas biaya dan produktivitas kerja, dihitung secara terpisah.

Memotivasi SDM dengan cara membuat lingkungan kerja yang nyaman. Contoh pada kantor pusat Google, di mana lingkungan maupun ruangan kerjanya didesain sedemikian rupa. Hal ini didasari pada “orang yang berada pada lingkungan yang tidak disukainya, akan mudah stress dan menurun produktivitasnya”. Sehingga dengan menciptakan lingkungan kerja yang unik, dapat meningkatkan produktivitas kerja.

 

Source:  Author Akeyodia | Sep 7, 2020 | Business Successful, Coaching, Perusahaan. Dari : https://akeyodia.com/perlunya-efisiensi-sdm/

Nugroho J Setiadi, PhD