Ingin Karyawan Anda Tetap Optimistis?

shared by: Muhammad Fikri Priyandana and Nugroho J. Setiadi, PhD

LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/nugroho-j-setiadi-8b9b0116/
Google citation index: https://scholar.google.com/citations?user=7kvetHUAAAAJ#%21

Work Life Balance adalah salah satu konsep hidup seimbang untuk menjaga produktivitas karyawan.Tingkat produktivitas karyawan sangat dipicu oleh motivasi dan keseimbangan hidup. Pasalnya hidup karyawan yang sehat dan seimbang menjamin kewarasan dan semangat kerja yang konstan. Sayangnya di tengah pandemi Covid-19, dampak yang terjadi tak hanya pada sektor kesehatan melainkan juga pada ekonomi Indonesia. Seperti dilansir dari Global Talent Trends Report, 2020, yang dikeluarkan oleh Linkedin ada 5 hal penting yang menjadi tips menjaga dan meningkatkan optimisme karyawan. Lima hal ini adalah standar dasar perusahaan untuk membangun semangat, meningkatkan produktivitas, dan iklim yang sehat dalam perusahaan.Pertama, pentingnya perusahaan mendengarkan dan mau bertindak taktis serta cepat dalam upaya pemenuhan kebutuhan karyawan. Kedua, pentingnya perusahan menyusun perencanaan jangka panjang dengan melibatkan karyawan. Ketiga, pentingnya melibatkan karyawan dalam mengidentifikasi masalah, melakukan sharing dalam upaya mencari jalan keluar atas masalah atau tantangan yang dihadapi perusahaan.Keempat, melakukan upaya meminimalisir konflik antar karyawan maupun dengan struktural perusahaan melalui langkah win-win solution. Kelima, pentingnya keterbukaan, transparansi, dan respon yang lugas dan cepat antar anggota perusahaan.

 

Sumber: Gloria Fransisca Katharina Lawi, From: Ingin Karyawan Anda Tetap Optimistis? Ini Kuncinya – Bisnis.com on 28 Apr 2020, 06:01

Nugroho J Setiadi, PhD