Tujuan Wawancara Kerja

Wawancara merupakan metode penting dalam proses rekrutmen dan seleksi calon karyawan. Dalam wawancara kerja, para pencari kerja memiliki kesempatan untuk mengetahui lebih banyak tentang organisasi / perusahaan, begitu pula sebaliknya, perusahaan dapat lebih mengenal potensi / kemampuan dari para pencari kerja tersebut. Bagi perusahaan, tujuan wawancara kerja adalah:

  • Bagaimana menemukan dan menentukan kecocokan antara karakteristik pelamar dan persyaratan pekerjaan.
  • Cari tahu kepribadian pelamar.
  • Cari informasi relevan yang dibutuhkan dalam persyaratan pekerjaan.
  • Mendapatkan informasi lain yang dibutuhkan oleh posisi dan perusahaan.
  • Membantu menemukan pelamar kerja yang memenuhi syarat.

Bagi pelamar kerja, tujuan wawancara adalah  kesempatan untuk menjelaskan secara langsung pengetahuan, keterampilan, pengalaman, strategi kerja dan sikap / metode dalam menghadapi masalah situasi kerja Proses wawancara biasanya berisi tanya jawab. Tanyakan ke departemen sumber daya manusia dan dapatkan jawaban dari pelamar pekerjaan. Tujuannya tidak lain untuk mendapatkan informasi tentang pelamar. Ini pada akhirnya digunakan untuk menentukan apakah pelamar memenuhi syarat untuk diterima sebagai karyawan.

 

Sebagai pencari kerja, terutama yang baru saja lulus, yang perlu dipersiapkan adalah mencari tahu permasalahan yang sering muncul selama proses wawancara. Sebab sebenarnya, setiap pertanyaan dalam wawancara disiapkan terlebih dahulu oleh departemen sumber daya manusia. Ini berarti mereka telah mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan oleh para pencari kerja sebelumnya. Sebagai pelamar yang unggul, kita juga harus menyiapkan jawaban alternatif untuk masalah-masalah yang akan datang.

References:

https://pintaria.com/cara-menghadapi-wawancara-kerja#:~:text=Wawancara%20kerja%20merupakan%20metode%20penting%20dalam%20proses%20rekrutmen%20dan%20seleksi%20calon%20karyawan.&text=Bagi%20Perusahaan%20%2C%20tujuan%20wawancara%20kerja%20adalah%20%3A&text=Mendapatkan%20informasi%20tambahan%20yang%20diperlukan,layak%20untuk%20diberikan%20penawaran%20kerja.

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Ziyadur Rozaq Fathoni