Langkah-langkah Arsitektur Bisnis

Arsitektur Bisnis merupakan suatu kerangka kerja komprehensif yang digunakan untuk mengelola dan menyelaraskan proses organisasi, teknologi informasi (perangkat lunak dan perangkat keras), jaringan, orang, dan proyek dengan strategi keseluruhan organisasi.

Arsitektur bisnis memiliki peran penting dalam membantu dan menangani isu – isu seputar pemerintahan, risiko dan kepatuhan. Apabila dalam prosesnya berjalan dengan lancar dan baik maka, hal ini akan mempermudah suatu perusahaan dalam  mengambil sebuah keputusan yang tepat sehingga memungkinkan suatu perusahaan untuk bersaing secara lebih efektif.

Salah satu contohnya yaitu dengan adanya situasi pandemi global seperti sekarang ini, secara tidak langsung hal ini membuat kantor dalam suatu perusahaan mengalami pola design baru atau dengan kata lain terjadinnya perubahan. Seperti kantor dengan konsep new social live dan work space dimana terjadinnya perubahan ukuran meja yang menjadi lebih besar dan hal lainnya. Hal tersebut antara lain di lakukan oleh suatu perusahaan agar dapat beradaptasi /survive dalam menghadapi era pandemi.

Menurut Mark McGregor ada 7 langkah utama dalam arsitektur bisnis antara lain seperti;

  • Create & Culture
  • Capture & Collate
  • Connect & Communicate
  • Collaborate & Consume
  • Customers & Coordination
  • Control & Comply
  • Change & Complete

Apabila langkah-langkah tersebut dapat berjalan dengan tepat maka bisnis dalam organisasi akan bisa survive dalam menghadapi era pandemi.

References:

https://sis.binus.ac.id/2019/07/24/togaf-for-enterprise-architecture/

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4977594/bisnis-arsitektur-tetap-moncer-di-tengah-corona

 

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Normayanti Diah Prameswati