Arsitektur Bisnis Sebagai Strategi Efektif Organisasi Dalam Pengembangan Teknologi Bisnis

Enterprise Architecture (EA) merupakan memimpin tanggapan perusahaan secara proaktif dan holistik dengan mengidentifikasi dan menganalisis masalah yang mengganggu organisasi agar pelaksanaan perubahan menuju visi dan hasil bisnis dapat dicapai. EA dapat memberikan nilai yang baik bagi para pemimpin bisnis dan TI dengan menentukan bagaimana organisasi dapat secara efektif mencapai tujuan saat ini dengan menerapkan sistem yang cocok dalam kebijakan, struktur dan operasi dari organisasi tersebut.

Adapun langkah-langkah yang diperlukan untuk mengembangkan EA pada bisnis atau organisasi yaitu :

  • Arsitektur Bisnis : mendefinisikan strategi dan organisasi dan bisnis utama, serta tata kelola dan standar perusahaan.
  • Arsitektur Sistem Aplikasi : menyediakan blue print untuk menerapkan sistem operasi organisasi, termasuk interaksi di antara sistem aplikasi serta hubungannya dengan proses bisnis yang penting.
  • Arsitektur Data : mendokumentasikan struktur aset data fisik dan logis serta sumber daya manajemen data yang terkait.
  • Arsitektur Teknologi : mendeskripsikan perangkat lunak, keras, dan infrastruktur jaringan untuk mendukung penerapan aplikasi dalam sebuah organisasi/bisnis.

Dengan menerapkan EA pada organisasi atau bisnis, maka selanjutnya dapat tercipta Business-Technology Strategy(BTS) yang akan menjadi penghubung antara strategi dengan teknologi dan jika dikembangkan dan direduksi dengan baik, nantinya akan sangat berharga dan akan menjadi nilai bisnis yang konkret bagi organisasi atau perusahaan.

Reference :

https://www.forbes.com/sites/steveandriole/2020/09/18/why-no-one-understands-enterprise-architecture–why-technology-abstractions-always-fail/?sh=271658527eb5

 

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Muhammad Farri Fadillah