Time Lag between Innovation and useable product
Definisi Time Lag between Innovation and useable Product yaitu, Jeda waktu dimana Inovasi yang terus dikerjakan dan dikembangkan sampai akhirnya menjadi suatu produk yang siap untuk disebarluaskan atau di jual supaya bsia digunakan. Sebagai contoh, sebelum KFC menjual produknya secara luas, Kolonel Sanders adalah seorang Chef di kapal, dimana ia terus gagal tetapi ia juga terus mengembangkan produknya supaya bisa menjadi ayam goreng yang terbaik. Berawal dari tahun 1929 dimana ia memasak di Corbin, sampai akhirnya dia bisa menemukan Resep 11 Herbal untuk ayam KFC nya pada tahun 1940, dan mulai produksi dan menjual pada tahun 1952.
Bisa kita lihat bahwa Kolonel Sanders memiliki Jeda waktu dari tahun 1929 saat ia memulai Inovasinya sampai tahun 1952 sampai ia mulai berjualan, dan KFC masih ada sampai sekarang. Ada 23 Tahun jeda waktu dari ia memulai inovasi sampai akhirnya produk tersebut bisa dijual (1929 – 1952). Jeda waktu antara produk atau konsep baru yang inovatif diperkenalkan dan dijual kepada konsumen tidak boleh menjadi hambatan untuk mengembangkan dan memperkenalkan ide-ide baru.
Reference: Paul Trott (2017). Innovation management and new product development. Pearson education.
Autthors : Dicky Hida Syahchari,ST,MM,PhD and Ong Andreas Jordi