The Small Business Guide To Growth Hacking

Summary

Business development atau pengembangan bisnis adalah proses , cara , dan tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan bisnis secara keseluruhan , baik dari segi pelanggan , pasar, maupun hubungan . Terdapat beberapa metric yang banyak digunakan dalam pengembangan bisnis yaitu, pendapatan, ekspansi, dan kemitraan strategis. Didalam proses pengembangan bisnis terdapat kegiatan yang mencangkup berbagai departemen seperti, penjualan, pemasaran, manajemen proyek, manajemen produk, manajemen vendor, kemitraan, dan upaya penghematan biaya. Apabila terdapat suatu perusahaan yang memiliki produk atau layanan yang sukses diminati oleh masyarakat suatu Negara, perusahaan tersebut memiliki potensi ekspansi lebih lanjut. Melalui kegiatan business development kita dapat meningkatkan penjualan melalui data dari penelitian dan lebih menargetkan basis pelanggan. Dengan adanya inisiatif dari business development dapat dialokasikan biaya untuk anggaran pemasaran , agar terjadi pemasaran yang lebih efektif, agresif, dan aktif. Peran kegiatan business development di kemitraan strategis adalah menimbang semua pro dan kontra dan memilih layanan yang baik bagi perusahaan. Business development juga bertindak didalam bagian yang mengenai manajemen vendor, seperti biaya vendor, atau diperlukankah adanya layanan khusus. Business development bukan hanya meningkatkan penjualan, produk, dan jangkauan pasar, namun berperan dalam keputusan strategis untuk meningkatkan laba dengan adanya pemotongan biaya. Pembahasan mengenai pengembangan bisnis ini dikhususkan lebih kepada rencana ekspansi bisnis yang dampaknya mampu dirasakan oleh hampir setiap unit bisnis.

Abstract

Sebagian besar pengusaha mengatakan pertumbuhan yang cepat, besar dan berkelanjutan diperlukan didalam bisnisnya. Setelah terbangun suatu perusahaan, dan telah menemukan pijakan dan langkah yang dilakukan, serta telah memiliki karyawan dan pelanggan, maka pertumbahan bisnis dan pemikiran strategi adalah tahap lanjutannya. Meskipun kita mengetahui pertumbuhan bagi sebuah perusahaan juga tidak mudah dan nyatanya jauh lebih rumit . Pertumbuhan memang mampu memberikan kredibilitas, sumber daya, dan pendapatan, namun pendapatan pertumbuhan perlu dikelola dengan baik, jika salah pengelolaan dapat merusak dan membahayakan bagi perusahaan. Pada panduan bisnis kecil untuk pertumbuhan peretasan yang disajikan oleh open forum dari American express, membahas mengenai hal yang diperlukan didalam membangun bisnis yang berkembang dan mampu beradaptasi dengan banyaknya tuntutan perusahaan. Mereka mengatakan bahwa saat ini dalam pertumbuhan, perkembangan, dan adaptasi perusahaan diperlukan “peretasan pertumbuhan”, yaitu pemecahan masalah yang sangat cerdik yang menghubungkan antara hubungan arus pendek dengan pendekatan penjualan, pemasaran dan pengembangan produk konvensional. Selain itu terdapat “seni lapangan”, dimana sebuah usaha atau perusahaan memberikan pemahaman mendalam mengenai pelanggannya dan semuanya berpusat pada apa yang pelanggan mereka tanggapi, kemudian menceritakan kisah perusahaan dengan baik untuk memenangkan calon investor. Dapat juga untuk mendapatkan dan memperluas pangsa pasar dilakukan penumbuhan pola pikir inventif dalam memperkerjakan eksekutif baru. Selain itu terdapat juga statement yang mengatakan bahwa inovasi adalah hal yang paling penting didalam mengembangkan perusahaan. Teruntuk  perusahaan, baik perusahaan dengan skala besar maupun kecil, berinovasi mungkin merupakan kemampuan peretasan pertumbuhan yang paling bertahan lama diantara kegiatan lainnya.

Reference: https://www.fastcompany.com/3050693/the-small-business-guide-to-growth-hacking

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Regina Margaret