Strategy And Solutions In Business Development

Abstract

Dalam business development, dibutuhkan inisiatif dan inovasi agar bisnis dapat berkembang dan berkompetisi di pasar global. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah, pertama, inovasi terbuka sebagai metode manajemen yang menggabungkan ide dan teknologi untuk dapat menciptakan nilai yang lebih baru bagi banyak pihak. Perusahaan di dunia berjuang untuk bersaing dengan banyak bisnis startup yang dapat mempengaruhi pasar sehingga pasar dapat berubah. Konsep inovasi terbuka ini menggunakan teknologi untuk mengembangkan ide bisnis baru secara internal sehingga sangat penting bagi perusahaan yang beroperasi di lingkungan bisnis dengan persaingan yang semakin ketat. Dalam hal ini, mempromosikan inovasi yang ada sangatlah penting untuk dapat mengembangkan bisnis. Untuk mempromosikan inovas-inovasi ini dalam perusahaan, dibutuhkan SDM, jaringan informasi, dan struktur perusahaan yang baik dan terbuka. SDM harus manjalani pelatihan untuk meningkatkan kualitas, sikap, dan tidakan yang perlu dilatih dalam menciptakan ide bisnis baru dan berkembang agar dapat bertanggung jawab atas perkembangan bisnis. Selain itu, perusahaan harus bisa mempromosikan inovasi dan bisnis perlu menciptakan sistem dengan mengumpulkan informasi ter up to date mengikuti tren terbaru agar dapat bersaing. Struktur perusahaan yang ada juga harus dapat membantu perkembangan dari bisnis. Diperlukan adanya partnership dengan perusahaan lain dan bernegosiasi untuk dapat mencapai suatu target yang telah ditentukan. Selain itu, business development ini diperlukan untuk bisnis semakin maju dan dapat bersaing menembus pasar.

Summary

Menurut saya, business development adalah kreasi dari long term value oleh sebuah organisasi untuk customer dan pasar. Hal yang dimaksudkan adalah semua ide, insiatif, dan aktivitas untuk menaikkan nilai bisnis secara keseluruhan. Business development ini biasanya digunakan untuk menambahkan keuntungan dari suatu organisasi, untuk memperluas organisiasi dan juga untuk strategic partnership perusahaan. Beberapa contoh dari business development adalah marketing yang dimaksudkan ini adalah untuk promosi dan juga mengiklankan suatu produk barang dan jasa yang dimaksudkan untuk dapat mencapai target dari penjualan. Biasanya, perusahaan yang memiliki anggaran lebih tinggi akan menunjukkan strategi yang lebih agresif seperti membagikan sampel secara gratis. Namun, anggaran yang lebih rendah cenderung menghasilkan strategi pemasaran yang pasif hanya seperti adanya papan iklan online ataupun dengan media sosial yang tidak memerlukan pengeluaran yang lebih besar. Selain marketing, ada juga contoh lain dari business development yang akan diperlukan, contohnya adalah negosiasi, networking, dan lobbying. Beberapa bisnis akan membutuhkan karyawannya memiliki kemampuan untuk dapat mempengaruhi konsumen agar dapat menembus pasar. Hal ini akan memunculkan inisiatif dalam bisnis development tentu sangat dibutuhkan dalam pengembangan bisnis karena bisnis akan berkembang secara global dan akan terus menerus maju. Hal yang perlu diperhatikan adalah perusahaan harus memiliki personal branding dengan adanya penggunaan professional social media dan menunjukkan kemampuan dan kredibilitas dan diperlukan juga melihat future possibilities dan pengayaan karir sehingga dapat bersaing di dalam pasar global.

Reference: https://www2.deloitte.com/jp/en/pages/strategy/solutions/nb/new-businessdevelopment.html

 

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Rut Liesl