Reengineering Business Intelligence

Social Data memiliki peranan penting dan juga memiliki kekuatan untuk mengetahui atau membaca perilaku dan ekspetasi dari konsumen. Social Data ini merupakan bagian dari tren data yang lebih besar yang berkembang secara intens. Tetapi untuk mengambil keputusan dalam bisnis, social data memerlukan data lain agar keputusan terbaik dapat diperoleh seperti data keuangan, human intelligence, business intelligence systems. Data internal dan data eksternal dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan solusi agar lebih matang lagi. Kemudian pada akhirnya menemukan empat pendekatan terbaru dalam perubahan pengambilan keputusan itu yakni: Reputation Risk Management, Operations, New product development dan demand prediction. Tekonologi juga memiliki peran yang sangat penting dalam business intelligence ini, untuk mengumpulkan banyak data tentunya kita pasti memerlukan teknologi yang canggih. Maka dari itu, teknologi harus terus meningkat sehingga akan mendorong bisnis yang akan datang di masa depan. Kekuatan talent dan organisasi, untuk hal ini mengarah kepada mengatur sumber daya manusia untuk membantu bisnis perusahaan. Bisnis besar saat ini biasanya menggunakan analisis strategis untuk melihat persaingan dan intelligence market. Dan komponen lainnya yang membantu business intelligence seperti data tailoring, kontekstualisasi, integrasi arus kerja dan kecepatan kinerja.

Reference : https://www2.deloitte.com/us/en/insights/focus/business-trends/2013/reengineering-business-intelligence.html

Dr. Maria Grace Herlina, S.Sos., MM & Tanti Robiah Adawiyah