Life In Business Development At A Startup How Its Different From Sales

Summary

Kegiatan pengembangan bisnis          mencakup       berbagai          departemen.   Setiap  departemen            memiliki          peran   masing-masing           dalam  pengembangan           bisnis   dan      beberapa            departemen    diantaranya     adalah sales,   marketing,      manajemen     proyek,            manajemen            produk,            manajemen     vendor,            kemitraan,      dan      upaya  dalam  penghematan  biaya            (cost    saving  efforts).           Kegiatan          pengembangan           bisnis   itu        sendiri adalah            penciptaan      nilai     jangka panjang           bagi     organisasi        untuk   pelanggan,      hal       ini            dinyatakan      oleh     Scott    Pollack dari      Forbes 2012.   Kegiatan          pengembangan            bisnis   digunakan       oleh     perusahaan     untuk   berbagai          alasan. Beberapa        alasan  nya            adalah untuk   menaikkan      tingkat revenue,          untuk   ekspansi          secara global, dan      juga            untuk   memilih           strategi            untuk   hubungan        kemitraan.      Dalam menjalankan            kegiatan          pengembangan           bisnis,  perusahaan     harus   mengerti         dan      mengetahui            kekuatan         dan      kelemahan      dari      bisnis   mereka,           selain   itu        mereka            juga            harus   menganalisa   industri            apa      yang    mereka            jalankan          dan      apa            spesialisasi      mereka            sehingga          konsumen        dapat   tertarik            dengan            produk yang    ditawarkan      sehingga          perusahaan     dapat   menunjukkan  kompetensi            mereka            dalam  menjalankan   kegiatan          pengembangan           bisnis   itu        sendiri.            Salah   satu     contoh dari      pengembangan           bisnis   adalah peralihan         dari      tradisional            ke        era       digital  yang    meliputi           banyak hal.      Misalnya,        di         tradisional,            mereka            penggunakan  strategi            pricing dengan            adanya price    list       dan            diskon. Namun,           di         era       digital, mereka            banyak menawarkan   diskon  namun            dengan            cara     memberikan   promo menggunakan promo kupon/ kode    promo. Selain  itu,            cara     pembayaran    dengan            sistem  tradisional       biasanya          menggunakan piutang            atau     cash     secara langsung          sedangkan       di era   digital, orang   akan    lebih    mudah jika            membayar      dengan            kartu    kredit,  paypal, bitcoin dan      sebagainya      yang    sudah            menggunakan teknologi         canggih           hanya  dengan            memencet       di         HP            mereka.

Abstract

Pengembangan           bisnis   adalah identifikasi      peluang           secara eksternal         dan      internal            yang    mendorong     pertumbuhan  bagi     suatu   perusahaan.    Kegiatan          pengembangan            bisnis   ini        dilakukan         melalui kemitraan       pihak   ketiga  namun juga     melibatkan            evaluasi           dari      bisnis   dan      produk baru     dari      pengembangan           perusahaan.            Dalam kegiatan          pengembangan           bisnis,  perusahaan     harus   bisa      membangun            hubungan        yang    baik     kepada mitra.  Mengembangkan        hubungan        adalah hal       yang            sangat perlu    dilakukan         untuk   mendorong     upaya  pengembangan           perusahaan     agar            kita      dapat   melihat            apakah hal       yang    ditawarkan      dapat   mempengaruhi            kegiatan          pengembangan           bisnis.  Selain  itu,       perusahaan     harus   memiliki            kecerdasan      kompetitif       dan      harus   mengikuti        organisasi        yang    lebih    luas      agar            dapat   mendapatkan  inisiatif dan      inovasi yang    lebih    besar   sehingga          dapat   bersaing            dalam  pasar.  Terlebih           lagi,     perusahaan     harus   dapat   berpikir           secara futuristic            yang    artinya dapat   menghubungakan       titik-titik          sehingga          perusahaan     dapat            memanfaatkan           perkembangan            teknologi         di         masa   depan. Dalam kegiatan            pengembangan           bisinis  ini,       tentunya          zaman akan    terus    berubah           dan      akan            terus    berkembang    sehingga          perusahaan     harus   bisa      beradaptasi     dengan            kemajuan        zaman dan      teknologi         yang    semakin           pesat   agar     perusahaan            dapat   terus    bersaing          dan      menjadi           pilihan bagi     konsumennya  dengan            adanya kemudahan-kemudahan         yang    ditawarkan.     Perusahaan     harus   bisa      memilih            mana   yang    harus   di         prioritaskan.    Perusahaan     harus   tetap    fokus    pada    tujuan            mereka            dalam  pengembangan           bisnis   dan      menjauhkan    diri       dari      adanya            gangguan.       Mengatakan    tidak    kepada hal       yang    tidak    terlalu penting            atau            mengesampingkan     hal       yang    tidak    terlalu penting itu        wajib   untuk   dilakukan            agar     fokus    utama  dalam  pengembangan           bisnis   perusahaan     dapat   tercapai            dengan            baik.

 

Reference:      https://medium.com/@stevesanger/life-in-business-development-at-a-startup-how-itsdifferent-from-sales-e308112d8d3a

 

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Edric    Alpin    Sugiarto