Life In Business Development At A Startup How Its Different From Sales
Summary
Kegiatan pengembangan bisnis mencakup berbagai departemen. Setiap departemen memiliki peran masing-masing dalam pengembangan bisnis dan beberapa departemen diantaranya adalah sales, marketing, manajemen proyek, manajemen produk, manajemen vendor, kemitraan, dan upaya dalam penghematan biaya (cost saving efforts). Kegiatan pengembangan bisnis itu sendiri adalah penciptaan nilai jangka panjang bagi organisasi untuk pelanggan, hal ini dinyatakan oleh Scott Pollack dari Forbes 2012. Kegiatan pengembangan bisnis digunakan oleh perusahaan untuk berbagai alasan. Beberapa alasan nya adalah untuk menaikkan tingkat revenue, untuk ekspansi secara global, dan juga untuk memilih strategi untuk hubungan kemitraan. Dalam menjalankan kegiatan pengembangan bisnis, perusahaan harus mengerti dan mengetahui kekuatan dan kelemahan dari bisnis mereka, selain itu mereka juga harus menganalisa industri apa yang mereka jalankan dan apa spesialisasi mereka sehingga konsumen dapat tertarik dengan produk yang ditawarkan sehingga perusahaan dapat menunjukkan kompetensi mereka dalam menjalankan kegiatan pengembangan bisnis itu sendiri. Salah satu contoh dari pengembangan bisnis adalah peralihan dari tradisional ke era digital yang meliputi banyak hal. Misalnya, di tradisional, mereka penggunakan strategi pricing dengan adanya price list dan diskon. Namun, di era digital, mereka banyak menawarkan diskon namun dengan cara memberikan promo menggunakan promo kupon/ kode promo. Selain itu, cara pembayaran dengan sistem tradisional biasanya menggunakan piutang atau cash secara langsung sedangkan di era digital, orang akan lebih mudah jika membayar dengan kartu kredit, paypal, bitcoin dan sebagainya yang sudah menggunakan teknologi canggih hanya dengan memencet di HP mereka.
Abstract
Pengembangan bisnis adalah identifikasi peluang secara eksternal dan internal yang mendorong pertumbuhan bagi suatu perusahaan. Kegiatan pengembangan bisnis ini dilakukan melalui kemitraan pihak ketiga namun juga melibatkan evaluasi dari bisnis dan produk baru dari pengembangan perusahaan. Dalam kegiatan pengembangan bisnis, perusahaan harus bisa membangun hubungan yang baik kepada mitra. Mengembangkan hubungan adalah hal yang sangat perlu dilakukan untuk mendorong upaya pengembangan perusahaan agar kita dapat melihat apakah hal yang ditawarkan dapat mempengaruhi kegiatan pengembangan bisnis. Selain itu, perusahaan harus memiliki kecerdasan kompetitif dan harus mengikuti organisasi yang lebih luas agar dapat mendapatkan inisiatif dan inovasi yang lebih besar sehingga dapat bersaing dalam pasar. Terlebih lagi, perusahaan harus dapat berpikir secara futuristic yang artinya dapat menghubungakan titik-titik sehingga perusahaan dapat memanfaatkan perkembangan teknologi di masa depan. Dalam kegiatan pengembangan bisinis ini, tentunya zaman akan terus berubah dan akan terus berkembang sehingga perusahaan harus bisa beradaptasi dengan kemajuan zaman dan teknologi yang semakin pesat agar perusahaan dapat terus bersaing dan menjadi pilihan bagi konsumennya dengan adanya kemudahan-kemudahan yang ditawarkan. Perusahaan harus bisa memilih mana yang harus di prioritaskan. Perusahaan harus tetap fokus pada tujuan mereka dalam pengembangan bisnis dan menjauhkan diri dari adanya gangguan. Mengatakan tidak kepada hal yang tidak terlalu penting atau mengesampingkan hal yang tidak terlalu penting itu wajib untuk dilakukan agar fokus utama dalam pengembangan bisnis perusahaan dapat tercapai dengan baik.