How Can Companies Balance Multiple Growth Strategies
Summary :
Pengembangan bisnis merupakan pembuatan nilai-nilai yang dapat berguna untuk semua pihak yang berkaitan dengan perusahaan dalam jangka yang panjang. Secara singkat, pengembangan bisnis berarti penuangan seluruh ide untuk mengembangkan kinerja dari bisnis. Pengembangan bisnis biasanya didasarkan melalui 3 hal, yaitu pendapatan, ekspansi, dan kolaborasi strategis. Pihak internal yang umumnya berperan dalam pengembangan bisnis adalah manajemen produk, pemasaran, penjualan, manajemen vendor, dan jaringan. Umumnya pengembangan bisnis selalu berkaitan dengan penambahan pendapatan. Namun, ada juga usaha mengembangkan bisnis dengan memotong biaya produksi. Dalam pengembangan bisnis, diperlukan adanya kolaborasi yang kuat antara divisi yang memiliki peran tadi. Apabila mendirikan bisnis baru, maka pengembangan bisnis dapat dimulai dari perencanaan bisnis. Dalam perencanaan bisnis harus bisa menjelaskan spesialitas dan kompentensi apa yang dimiliki. Setelah itu kita baru dapat masuk dalam perencanaan menemukan industri yang membutuhkan spesialitas atau kompetensi tersebut.
Abstract :
Dalam artikel ini, kita dapat mengetahui bahwa perusahaan yang memiliki strategi pengembangan yang merata memiliki kemungkinan 46% lebih besar untuk dapat bertahan di 5 tahun kedepan. Hal ini dikarenakan pasar sekarang memiliki permintaan yang kompleks dan selalu berubah. Namun, masih banyak perusahaan yang hanya menetapkan satu strategi andalan untuk pengembangan bisnis. Biasanya, strategi ini adalah pengembangan internal, namun juga ada yang menggunakan aliansi. Umumnya, pengembangan internal hanya dilakukan apabila struktur perusahaan dan pengetahuan yang dimiliki sudah sesuai dengan apa yang diperlukan masyarakat. Walaupun begitu, implementasi pengembangan internal masih sulit dilakukan karena terkadang menghasilkan strategi perubahan yang tidak dapat digunakan perusahaan. Akan lebih baik apabila perusahaan menggunakan aliansi atau kontrak jangka pendek dikarenakan kita dapat mengerti dan mengetahui sumber daya penting yang mungkin dimiliki oleh rekan kita. Apabila tidak sekalipun, kita dapat mengubah rekan kita dikarenakan kontrak yang bersifat jangka pendek. Namun, apabila kita menemukan rekan yang cocok, maka kita dapat meneruskan kedalam aliansi jangka panjang. Maka dari itu, kita tidak bisa hanya mempertahankan satu atau dua strategi pengembangan, melainkan harus siap untuk memiliki beragam strategi agar merata.
Reference: https://business-digest.eu/en/2013/01/08/how-can-companies-balance-multiple-growth-strategies/