HC Trends 2014 Talent Acquisition

Talent acquisition dan rekrutmen sedang mengalami perubahan yang meningkat dan cepat. Dengan memanfaatkan segala bentuk jejaring sosial yang bertujuan untuk memasarkan market brand mereka secara agresif. Perusahaan ingin merekrut seseorang yang memiliki bakat (talent) yang dapat bersaing di medan perang (market place). Tanpa bakat dan keterampilan yang kritis, perusahaan tidak akan menumbuhkan bisnis mereka atau bisa dibilang tidak mengalami perkembangan. Untuk menjadi sukses di lingkungan yang sekarang ini, perusahaan harus terus merekrut talent baru. Perusahaan menggembangkan cara untuk mempermudah menemukan talent baru melalui jejaring sosial (social media). Social Media yang biasa digunakan untuk mencari talent ini biasanya Linkedin, Facebook, Twitter, dan social media lainnya. Cara lain yang dapat digunakan untuk mencari talent yaitu dengan cara memasang iklan. Mereka mengunjungi dan bekerja sama dengan perguruan tinggi dan Lembaga pendidikan untuk menyaring talent.  Perusahaan kreatif menemukan cara baru untuk mengakses talent: 1. Treat recruiting like marketing, 2. Innovate—who and where, 3. Go beyond Facebook—way beyond, 4. Use big data to deepen talent networks, 5. Maintain an active and deep candidate bench.

Reference    : https://www2.deloitte.com/us/en/insights/focus/human-capital-trends/2014/hc-trends-2014-talent-acquisition.html

 

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Tanti Robiah Adawiyah