Corporate Development Strategy Survey

Business development adalah membuat nilai atau value jangka panjang dan strategi masa depan  bagi suatu bisnis.9semua ide,dan kegiatan yang di lakukan perusahaan untuk mengembangkan perusahaan tersebut secara keseluruhan organisasi perusahaan untuk ke arah yang lebih baik. Kegiatan business development mencakup beberapa departemen seperti: Penjualan, Pemasaran, Manajemen Proyek, Manajemen Produk, Manajemen Vendor, partnership, dan upaya penghematan biaya. Kegiatan dalam departemen penjualan adalah menargetkan basis pelanggan di pasar baru dengan strategi penjualan mereka. Kegiatan pemasaran adalah untuk mencapai target penjualan yang di tentukan oleh perusahaan. Pemasaran berhubungan dengan promosi dan periklanan yang ditujukan untuk keberhasilan penjualan produk kepada konsumen. Kegiatan manajemen proyek adalah untuk memperkirakan apakah suatu perusahaan memerlukan suatu fasilitas baru di pasar baru/yang ingin di tuju,dan untuk memperkirakan bagaimana nantinya pendistribusian produksi atau sebagainya. Kegiatan Partnership adalah menentukan strategi untuk memasuki pasar baru, apakah akan berjalan sendirian di dalam pasar, atau akankah lebih masuk akal untuk bermitra secara strategis dengan perusahaan lokal yang sudah beroperasi di wilayah tersebut karena tau kondisi pasar di daerah tersebut. Kegiatan Manajemen produk adalah Standar pengaturan dan persyaratan pasar bervariasi di berbagai negara dan peran manajemen produk adalah untuk menyesuaikan produk dengan lingkungan suatu pasar agar sesuai dengan keinginan konsumen dan mengikuti hukum yang ada di pasar tersebut. Kegiatan manajemen vendor adalah membuat strategi apakah perusahaan membutuhkan vendor eksternal seperti pendistributian barang produksi dan lainnya. kegiatan cost saving adalah Keputusan strategis yang diperlukan untuk meningkatkan laba, yang meliputi langkah-langkah pemotongan biaya. Agar perusahaan tidak terlalu menganggung lebih banyak cost atau biaya dan mendapatkan profit secara optimal.

Abstrack

Business development /pengembangan bisnis adalah kegiatan untuk menciptakan value dan strategi bisnis jangka panjang untuk sebuah perusahaan yang berhubungan dengan pasar, pelanggaan, dan relasi. Perusahaan saat ini membutuhkan kecepatan dalam organisasinya, pemikiran cemerlang(inovatif), dan harus terbiasa terhadap gangguan untuk merebut peluang pasar di era sekarang. Lingkungan saat ini menuntut tingkat kreativitas dari pekerja dan pemikiran ke depan(Visioner) dari para pengembangan bisnis untuk strategi di masa yang akan datang. strategi bisnis yang berhasil kemarin mungkin perlu berevolusi dan beradaptasi dengan cara yang semakin cepat dan terus berkembang untuk lingkungan di masa depan jika tidak kemungkinan besar strategi tersebut akan gagal karena keadaan setiap waktunya akan berbeda. Inovasi telah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi hampir semua perusahaan dalam industri apa pun. Sejalan dengan tantangan internal untuk berinovasi, para pengembangan bisnis juga harus memikirkan kembali bagaimana strategi untuk menangani tekanan eksternal seperti keadaan ekonomi, hukum, Dan lain-lain yang ada di negara tersebut. Pengembang bisnis harus bisa melihat peluang dari tantangan yang ada saat ini seperti teknologi yang semakin pesat sehingga perusahaan mempunyai nilai yang lebih. Tantangan bagi tim pengembangan bisnis sekarang adalah bagaimana menghadapi dunia baru yang akan mereka hadapi. Keterampilan dan keahlian teknis yang telah diasah seseorang dalam beberapa tahun terakhir masih sangat penting, tetapi sekarang pekerja di tuntut harus mempunyai skill ,kreativitas dan fleksibilitas karena nantinya pesaing akan lebih banyak akibat efek globalisasi. Inovasi tidak mudah bagi suatu perusahaan tetapi dengan itu mungkin datang kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi tim pengembangan bisnis untuk menambah nilai bagi perusahaan.

Reference = https://www2.deloitte.com/us/en/insights/topics/strategy/corporate-development-strategy-survey.html

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Zaky al faridz