Business Intelligence in Management Perspective

Traditional Business Intelligence platform membantu pengguna nya dalam hal pelaporan historis yang komprehensif dengan alat analisis yang ramah pengguna karena dengan adanya fungsi ini disebabkan oleh arsitektur data yang mendasarinya seperti solusi penyimpanan data terpusat yaitu Enterprise Data Warehouse (EDW).
EDW ini membentuk platform traditional business intelligence dan menghubungkan web sistem sumber yang besar ke data pusat. Data yang ada akan distandarisasi, dibersihkan, dan ditransformasikan dalam bentuk EDW sebelum diambil untuk menampilkan informasi bisnis seperti penjualan per bulan atau pendapatan mingguan.
Traditional business intelligence memperoleh nilai yang baik dari segi platform secara tradisional karena kemampuannya. Banyak pegguna yang membutuhkan teknik analisis data yang memerlukan akses langsung ke data tanpa bergantung kepada orang-orang IT. Namun, dengan adanya kemajuan zaman, business intelligence traditional tidak akan bisa bertahan karena akan ada business intelligence modern.
Perubahan platform ini membentuk fondasi bagi transformasi data di perusahaan. Gudang dari data akan berperanpenting dalam platform yang ada dan memberikan data-data yang jelas, terorganisir, dan diatur untuk diperlukan bisnis sehingga data yang bersumber dari gudang data harus sangat akurat dengan pengujian ketat sehingga tantangan terkait business intelligence traditional menciptakan permintaan untuk menambah EDW dengan bentuk arsitektur lain dan dioptimalkan lagi untuk akses yang lebih cepat terhadap data yang akan terus berubah-ubah. Perusahaan
yang ingin memodernisasi platform mereka akan mulai mengadopsi konsep data lake. Konsep ini bermaksuduntuk menyimpan informasi dalam bentuk mentah tanpa filter, tersetruktur baik, semi terstruktur, atau bahkan tidak terstruktur. Konsep ini berbeda dengan EDW karena EDW berdiri sendiri sedankgan data lake melakukan pembersihan dan transformasi data yang sedikit sehingga memungkinkan data untuk dicerna dengan efisiensi yang lebih besar.

Reference: https://www2.deloitte.com/content/dam/Deloitte/tr/Documents/deloitteanalytics/Modern%20Business%20Intelligence.pdf

Dr. Maria Grace Herlina, S.Sos., MM & Rut Liesl