Business Development Companies

Summary

Business development adalah penciptaan value atau nilai jangka panjang bagi organisasi untuk pelanggan, pasar, dan relationship. Secara sederhananya business development adalah semua ide, inisiatif, dan kegiatan untuk meningkatkan bisnis secara keseluruhan. Nilai jangka panjang yang dimaksud disini adalah pendapatan dan pencitraan perusahaan. Juga termasuk kesetiaan pelanggan, prestise, atau apapun yang menjadi tujuan dari sebuah perusahaan. Kegiatan business development mencakup berbagai departemen yaitu penjualan, Pemasaran, Manajemen Proyek, Manajemen Produk, Manajemen Vendor, Kemitraan, dan upaya penghematan biaya. Metric yang biasa digunakan dalam business development adalah revenue, expansion, strategic partnership. Tim business development biasanya akan diskusi mengenai skenario nya untuk rencana bisnisnya. Rencana bisnisnya disesuaikan dengan metric yang digunakan pada perusahaan tersebut baik dalam metric revenue/expansion/strategic partnership. Dampak dari setiap rencana skenario BD yang dijalankan akan dirasakan oleh hampir setiap unit bisnis atau divisi. Sebagian dari tujuan BD adalah pengembangan lini bisnis baru, pengembangan saluran penjualan baru, pengembangan produk baru, kemitraan baru dalam pemasaran yang ada / baru, dan bahkan keputusan merger/akuisisi.

Abstract

Lingkungan pinjaman pasar menengah sedang mengalami dramatis bergeser. Evolusi ini meningkatkan persaingan di antara para kreditor dan bersamaan dengan itu, menciptakan peluang bagi para pemimpin baru di ruang ini. Beberapa tahun yang lalu, sebagian besar bank berasal pinjaman komersial untuk pasar menengah tetapi sekarang tidak lagi seperti itu. Business Development Company mengambil bagian lebih besar dari pinjaman. Faktanya, Business Development Company adalah transisi ke peran ini dengan sangat baik sehingga mereka diharapkan oleh beberapa sebagai pemodal potensial masa depan untuk pasar menengah. Business Development Company umumnya adalah dana tertutup yang harus menginvestasikan sejumlah aset mereka di perusahaan portofolio yang memenuhi syarat. Business Development Company dapat memberikan sejumlah manfaat bagi sponsor mereka. Manfaat ini dapat mencakup akses ke modal permanen di Indonesia kasus Business Development Company yang terdaftar; kemampuan untuk membebankan biaya kinerja untuk produk eceran; pilihan manajemen internal atau eksternal; akses ke investor institusi dan ritel; dan masukan ke manajemen portofolio perusahaan. Business Development Company menghadapi risiko, tantangan, dan peluang pertumbuhan. Prospek memang mungkin cerah dalam jangka panjang tetapi tetap menghadapi tekanan pasar dalam jangka pendek.

Reference: https://www2.deloitte.com/us/en/pages/financial-services/articles/business-development-companies.html

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Tanti Robiah Adawiyah