Bagaimana Intelijen Lokasi Mengubah Ritel

Pemilik toko beralih ke kombinasi sistem informasi geografis (SIG), Big Data, dan kecerdasan buatan untuk menemukan wawasan baru. Menggunakan drone untuk pemilihan lokasi, melacak sensasi virus terbaru, mempersonalisasikan harga, atau memetakan potensi toko di masa depan hingga penjualan per kaki persegi.

lima cara intelijen lokasi merevolusi ritel:

  1. SELEKSI SITUS BERBASIS DRONE

Saat ini, lebih mungkin untuk meluncurkan kamera yang dipasang di drone, menggunakan visi alat berat untuk mengidentifikasi merek dan model.

  1. BELANJA PREDIKTIF

Pengecer menambang data penjualan dari lokasi mereka sendiri untuk melihat pola penjualan historis dan memprediksi penjual terbaik di masa depan di setiap lokasi, menawarkan mereka lompatan untuk memulai rantai pasokan mereka dan menyesuaikan campuran untuk setiap rak toko. Toko individu rantai nasional mungkin tidak akan pernah terlihat sama lagi.

  1. HARGA PRIBADI

Harga dinamis bukanlah hal baru, Tetapi menetapkan harga berdasarkan permintaan dan perilaku individu lebih jarang, dan jauh lebih sulit.

  1. PERAMALAN HALO

Peramalan Halo menggabungkan intelijen lokasi, transaksi, profil konsumen, dan AI untuk memprediksi bagaimana penjualan di dalam toko dan online akan memengaruhi yang lain.

Dalam praktiknya, ini berarti memadukan waktu berkendara, demografi, fasilitas yang bersaing dan saling melengkapi, dan kebiasaan pembelian online dan seluler untuk memahami peran yang dimainkan ruang dalam penjualan.

  1. PERTUMBUHAN HACKING

Rahasianya adalah menggabungkan peta panas lokasi yang didorong oleh intelijen dari toko-toko potensial  termasuk pendapatan yang diprediksi dengan peta jalan pengembangan internal yang dibentuk oleh wawasan ratusan manajer lokal. Dengan rencana ini, para manajer regional diberikan peta dan garis lintang yang luas untuk memilih lokasi mereka berikutnya sebuah struktur yang dipuji eksekutif dengan mempercepat laju pembukaan dengan faktor lima.

Reference : https://www.fastcompany.com/90297170/how-location-intelligence-is-transforming-retail

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Mutiara Alfhenia