Types of E-Marketplaces
Istilah marketplace berbeda setelah dirujuk di Web. Kadang-kadang disebut sebagai e-marketplace atau marketpace. Kami membedakan dua jenis pasar elektronik: pribadi dan publik.
Private E-Marketplace
Private E-Marketplace dimiliki dan dioperasikan oleh satu perusahaan. Starbucks.com, dell.com, target.com, dan united.com menjual dari situs web mereka. Pasar swasta adalah sisi jual atau sisi pembelian. Di e-marketplace sisi penjualan, perusahaan akan menjual produk standar atau khusus untuk perorangan (B2C) atau ke bisnis (B2B); jenis penjualan ini dianggap satu-ke-banyak. Dalam e-marketplace sisi-beli, perusahaan membeli dari banyak pemasok potensial; pembelian jenis ini dianggap banyak-ke-satu, dan ini merupakan aktivitas B2B. Misalnya, beberapa hotel membeli persediaan mereka dari vendor yang disetujui yang datang ke e-market-nya. Pasar swasta hanya bisa dibuka untuk anggota terpilih dan tidak diatur secara publik.
Public E-Marketplaces
Pasar elektronik publik sering dimiliki oleh pihak ketiga (bukan penjual atau pembeli) atau oleh sekelompok kecil perusahaan yang membeli atau menjual, dan mereka melayani banyak penjual dan banyak pembeli. Mereka terbuka untuk umum dan terkadang diatur oleh pemerintah.
Dikutip dari
Efraim Turban,David KIng,Jae Lee,Ting-Peng Liang. (2018). Electronic Commerce : A Managerial And Social Networks Perspective, Springer International Publishing AG